HUBUNGAN PRESTASI MEMBACA GAMBAR DAN PRAKTIK MENGGAMBAR MANUAL TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN CAD

Eko Julianto, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Tiwan -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini dibuat adalah untuk mengetahui hubungan antara prestasi membaca gambar dan praktik  gambar manual terhadap prestasi CAD (Computer Aided Design) di SMK N 3 Yogyakarta. Subjek penelitian korelasional dengan pendekatan ex-post facto ini adalah siswa kelas XI jurusan teknik pemesinan. Data dikumpulkan dengan menggunakan soal tes dan dokumentasi. Analisis deskriptif dan korerlasi product moment. digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi membaca gambar memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap prestasi mata pelajaran CAD dengan sumbangan koefisien kolerasi sebesar 80,3%, (2) prestasi gambar manual memiliki korelasi signifikan terhadap prestasi mata pelajaran CAD dengan sumbangan koefisien kolerasi sebesar 61,3%, (3) prestasi membaca gambar dan prestasi gambar manual memiliki korelasi signifikan terhadap prestasi mata pelajaran CAD dengan sumbangan koefisien kolerasi sebesar 81,2%.

The purpose of this research is to determine the relationship of engineering drawing achievement and manual drawing practice on CAD (Computer Aided Design) achievement in SMK N 3 Yogyakarta. The subjects of this correlational research  with ex-post facto approach was class XI students machinery engineering  department. Descriptive analysis and product moment correlation was used to analyze the data. The result shows that: (1) engineering drawing achievement has a significant positive relationship to  CAD subjects achievement with correlation coefficient of 80.3%, (2 manual drawing achievement has a significant correlation to  CAD achievement  with correlation coefficient of 61.3%, (3) engineering drawing and manual drawing achievement have a significant correlation to CAD achievement with correlation coefficient of 81.2%.


Keywords


Prestasi membaca gambar, Praktik gambar manual, CAD; engineering drawing achievement,Manual drawing practice, CAD

Full Text:

PDF

References


Donald, A., Lucy, C.J., & Asghar, A. (1989). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Nasution, S. (2003). METODE RESEARCH Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Maryana. (2000). Hubungan Antara Pemahaman Gambar Teknik Dan Prestasi Praktik Membubut Siswa Kelas III Teknik Pemesinan SMK Muhamadiyah Prambanan. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rinanto Roesman. (1988). Keterampilan Psikomotorik. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Roemlan Cahyadi. (2008). Hubungan Antara Pemahaman Gambar Teknik Dan Prestasi Teori Pemesinan Terhadap Prestasi Praktik Pemesinan Siswa Kelas II Teknik Pemesinan SMK PIRI I Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suwaryono Wiryodijoyo. (1989). Membaca: Strategi dan Tekniknya. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Van Den Berg H. & Gijzels H.H. (1979). Menggambar dan Membaca Gambar Mesin. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.

Zainal Arifin. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yap Wie. (1987). Pengantar Praktis Penggunaaan AutoCAD. Surabaya: Usaha Nasional.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i1.3254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin