PENGEMBANGAN MODUL PEMESINAN BUBUT SEBAGAI BAHAN AJAR KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK N 1 NANGGULAN
Edy Purnomo, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pemesinan bubut dan mengetahui hasil kelayakan modul pemesinan bubut sebagai bahan ajar kelas XI di SMK Negeri 1 Nanggulan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan Four-D. Pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan instrumen angket. Analisis data menggunakan uji validitas dan penilaian kelayakan media. Penelitian menggunakan Teknik Analisis Deskriptif yang meliputi tiga tahap yaitu menggunakan skala likert, menghitung kelayakan modul, serta merubah data kuantitatif menjadi kualitatif. Penelitian ini menghasilkan modul Pemesinan Bubut sebagai bahan ajar dan tingkat kelayakan modul dari segi materi memperoleh persentase 84% dengan kategori Sangat Layak, dari segi media memperoleh persentase 88% dengan kategori Sangat Layak, dari guru memperoleh persentase 90% dengan kategori Sangat Layak, dari pengguna kelas XI memperoleh persentase 80% dengan kategori Layak, dari pengguna kelas XII memperoleh persentase 84% dengan kategori Sangat Layak untuk digunakan sebagai bahan ajar kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Nanggulan.
This study aims to develop a lathe machining module and determine the feasibility results of the lathe machining module as teaching material for class XI at SMK Negeri 1 Nanggulan. This research is an R&D research with a Four-D development model. Data collection by observation, documentation, and questionnaire instruments. Data analysis used validity test and media feasibility assessment. The research used Descriptive Analysis Techniques which included three stages, namely using a Likert scale, calculating module eligibility, and converting quantitative data into qualitative. This study produced a Lathe Machining module as teaching material and the feasibility level of the module in terms of material obtained a percentage of 84% in the Very Eligible category, in terms of the media it obtained a percentage of 88% in the Very Eligible category, from teachers obtaining a percentage of 90% in the Very Eligible category, from users class XI gets a percentage of 80% in the Feasible category, from class XII users get a percentage of 84% in the Very Feasible category to be used as teaching material for class XI Mechanical Engineering at SMK Negeri 1 Nanggulan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v11i2.20902
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.