PENGEMBANGAN E-MODUL SKETCH 2D DENGAN FUSION 360 DI DEPARTEMEN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT UNY
Apri Nuryanto, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul sketch 2D dengan Fusion 360 pada matakuliah CAD 2D, mengetahui kelayakan dari modul pembelajaran sketch 2D dengan Fusion 360 dan mengetahui respon pengguna tentang modul Fusion 360, yang di kembangkan di JPTM FT UNY. Metode pada penelitian yang digunakan yaitu Research & Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementasi, dan evalution). Pengujian kelayakan modul dengan cara pengisian instrumen keayakan yang terdiri dari instrumen ahli materi, ahli media, dan instrumen uji keterbacaan oleh responden. Hasil dari penelitian ini menghasilkan produk modul cetak yang dapat diakses secara elektronik dengan cara memindai qrcode pada cover belakang. Penilaian kelayakan modul memperoleh nilai dari ahli materi 3,6 dan ahli media 3,4 dari 4, dengan predikat sangat layak. Hasil dari uji coba keterbacaan oleh responden mendapatkan penilaian dari dengan skor 3,39 dari 4 dengan predikat sangat layak.
This study aims to produce a 2D sketch module with Fusion 360 in 2D CAD courses, determine the feasibility of 2D sketch learning modules with Fusion 360 and determine user responses about the Fusion 360 module, which was developed at JPTM FT UNY. The research method used is Research & Development (R&D), with the ADDIE development model (analyze, design, development, implementation, and evaluation). Testing the feasibility of the module by filling out the feasibility instrument consisting of material expert instruments, media experts, and readability test instruments by respondents. The results of this study produce printed module products that can be accessed electronically by scanning the qrcode on the back cover. The module feasibility assessment obtained a score from the material expert 3.6 and media expert 3.4 out of 4, with the predicate very feasible. The results of the readability trial by respondents received an assessment of 3.39 out of 4 with the predicate very feasible.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v11i2.20896
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.