PENGARUH KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMKN JATENG DI PURBALINGGA
Syukri Fathudin Achmad Widodo, Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap kemandirian dan kedisiplinan, mengetahui seberapa besar tingkat kemandirian dan kedisiplinan, serta mengetahui seberapa besar pengaruh kemandirian dan kedisiplinan terhadap motivasi belajar. Cluster Sampling atau teknik pengambilan sampel berupa kelas yang sudah ada. Dengan metode pengumpulan data berupa kuisioner atau angket tertutup. Teknik analisis yang digunakan dalam menganalisis data meliputi analisis deskriptif, korelasi, dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap kemandirian dan kedisiplinan berada pada tingkat yang tinggi, tingkat kemandirian siswa berada pada nilai rata-rata atau sebesar 58,29 sedangkan kedisiplinan memiliki nilai rata-rata sebesar 51,92. Kemudian besarnya pengaruh kemandirian dan kedisiplinan terhadap motivasi belajar berada pada angka 0,662 atau dengan presentase 66,2%. Selain itu, dengan hasil f hitung lebih besar dari f tabel (72.452 > 3,12) atau α (0,00 < 0,05) sehingga kedua variabel bebas berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat.
The purpose of this study was to find out how independent and disciplined attitudes are, to find out how much the level of independence and discipline is, and to find out how much influence independence and discipline has on learning motivation. Cluster Sampling or sampling technique in the form of an existing class. With the data collection method in the form of closed questionnaires or questionnaires. The analytical techniques used in analyzing the data include descriptive analysis, correlation and regression. The results of this study indicate that the attitude of independence and discipline is at a high level, the level of student independence is at an average value or equal to 58.29 while discipline has an average value of 51.92. Then the magnitude of the influence of independence and discipline on learning motivation is at 0.662 or with a percentage of 66.2%. In addition, the results of f count are greater than f table (72,452 > 3.12) or α (0.00 <0.05) so that the two independent variables have a significant effect on the dependent variable.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v11i1.19844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.