PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODUL PEMBELAJARAN ELEKTROPLATING UNTUK SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL
Didik Nurhadiyanto, Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat modul pembelajaran elektroplating, mengetahui bagaimana kelayakan modul yang dibuat, dan mengetahui respons siswa terhadap modul elektroplating yang akan diterapkan untuk pembelajaran praktiknya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini adalah dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin UNY, guru SMK Muhammadiyah 1 Bantul sebagai validator, dan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Bantul Jurusan Teknik Permesinan sebagai responden. Hasil dari penelitian ini adalah telah disusun produk berupa Modul Pembelajaran Elektroplating. Hasil validasi modul pembelajaran elektroplating menurut validator media adalah 86,25%, dan 82,5%, keduanya mendapatkan kategori sangat layak. Hasil validasi menurut validator materi adalah 91,67%, dan 88,54%, keduanya mendapatkan kategori sangat layak. Menurut hasil uji coba responden, modul pembelajaran elektroplating mendapatkan kategori layak dan mendapatkan nilai 80,4%.
The purpose of this research is to create an electroplating learning module, determine how appropriate the module is, and determine student responses to the electroplating module that will be applied for practical learning. The research method used is research and development with a 4D development model. The subjects of this study were lecturers of the Department of Mechanical Engineering Education of UNY, teachers of SMK Muhammadiyah 1 Bantul as validators, and class XI students of SMK Muhammadiyah 1 Bantul, Department of Mechanical Engineering as respondents. The result of this research is that a product in the form of an Electroplating Learning Module has been compiled. The results of the validation of the electroplating learning module according to the media validator are 86.25%, and 82.5%, both of which get the very feasible category. The validation results according to the material validator are 91.67%, and 88.54%, both of which get the very feasible category. According to the results of the respondent's trial, the electroplating learning module was categorized as appropriate and scored 80.4%.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v11i1.19835
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.