EFEKTIVITAS APLIKASI SIMULATOR CNC BUBUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Ikhsan Ramadhani Kurniawan, Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Indonesia
Sutopo ., Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan aplikasi simulator CNC bubut terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes uji program dan kuisioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 58 siswa. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai n gain sebesar 0.72 dengan kategori tinggi dan nilai persentase n gain 72% dengan kategori cukup efektif. Maka dari itu penggunaan aplikasi simulator CNC bubut berdampak cukup efektif terhadap hasil belajar siswa.

This study aims to determine the impact of using a CNC lathe simulator application on student learning outcomes. This research is experimental research with a quasi-experimental approach. Data collection techniques used in this study are program tests and questionnaires. The sampling technique in this study was purposive sampling with a sample of 58 students. The results of this study obtained a value of n gain of 0.72 with a high category and a percentage value of n gain of 72% with a fairly effective category. Therefore, the use of the CNC lathe simulator application has quite an effective impact on student learning outcomes.


Keywords


Efektivitas, Aplikasi Simulator CNC Bubut, Hasil Belajar; Effectivity, CNC Lathe Simulator Application, Learning Outcomes

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v10i2.19828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.