EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GC DAN ZM TERHADAP PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN DPTM

Lintang Virnandia Putri, Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Indonesia
Syukri Fathudin Achmad Widodo, Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menentukan seberapa besar efektivitas aplikasi GC dan ZM yang dapat dilihat dari sudut pandang serta hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Purworejo yang mendapat Mata Pelajaran DPTM Tahun ajaran 2021/2022 yakni kelas X TP-A, X TP-B dan X TLas dengan sampel sejumlah 83 siswa. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi GC 71% efektif untuk digunakan dalam pembelajaran daring dengan rata-rata hasil belajar siswa 87,44 berkategori baik, sementara aplikasi ZM 56% efektif dengan rata-rata hasil belajar siswa 75,93 berkategori baik.

The purpose of this study is to determine how much effectiveness the GC and ZM applications can be seen from the point of view and student learning outcomes. This study uses a quantitative approach with a survey method. The population of this study were students of SMK Negeri 1 Purworejo who received DPTM Subjects for the 2021/2022 academic year, namely class X TP-A, X TP-B and X TLas with a sample of 83 students. The data analysis technique is in the form of descriptive analysis. The results showed that the GC application was 71% effective for use in online learning with an average student learning outcome of 87.44 in the good category, while the ZM application was 56% effective with an average student learning outcome of 75.93 in the good category.


Keywords


Efektivitas, GC, ZM, pembelajaran daring; Effectiveness, GC, Zoom, online learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v10i1.19126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.