PENGARUH KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMESINAN BUBUT DAN GAMBAR TEKNIK TERHADAP KEBERHASILAN SISWA TEKNIK PEMESINAN

Fajar Triyan Pebriantara, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Sukardi ., Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai mata pelajaran pemesinan bubut dan gambar teknik secara terpisah dan bersama-sama terhadap keberhasilan siswa program keahlian teknik pemesinan kelas XI dan XII di SMK Negeri 2 Depok, Sleman Yogayakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian expost facto dengan jenis penelitian deskritif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI dan  XII Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta dengan jumlah 128 siswa. Sample yang digunakan untuk penelitian berjumlah 101 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling sistematis. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: nilai pelajaran pemesinan bubut memiliki pengaruh positif sebesar 3,8% dan sumbangan efektif sebesar 3,23%; nilai gambar teknik memiliki pengaruh positif sebesar 4,3% dan sumbangan efektif sebesar 3,71%; nilai pemesinan bubut dan gambar teknik secara bersama-sama berpengaruh positif sebesar 6,94%.

This study aims to determine the effect of the value of lathe machining subjects and technical drawing separately and together on the success of students in the machining engineering expertise program class XI and XII at SMK Negeri 2 Depok, Sleman Yogayakarta. This research uses expost facto research with quantitative descriptive research. The population of this study were students of class XI and XII of the Mechanical Engineering Department at SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta with a total of 128 students. The sample used for the study amounted to 101 students. Sampling technique using nonprobability sampling technique with systematic sampling type. Collecting data using questionnaires and documentation methods. The data analysis technique used is simple regression analysis and multiple regression analysis. The results of this study are: the value of lathe machining lessons has a positive effect of 3.8% and an effective contribution of 3.23%; the value of technical drawings has a positive effect of 4.3% and an effective contribution of 3.71%; the value of lathe machining and technical drawing together has a positive effect of 6.94%.


Keywords


Kemampuan Siswa, Pemesinan Bubut, Gambar Teknik; Students Ability, Lathe machinery, Engineering Drawing

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v9i2.17904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin