PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBUBUT ULIR METRIS BERBASIS VIDEO DI SMK N 1 SEYEGAN
Apri Nuryanto, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan poduk berupa media video pembelajaran membubut ulir metris, mengetahui tingkat kelayakannya, serta mengetahui respon siswa sebagai pengguna produk video. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Secara garis besar penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan utama yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaruasan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Angket yang digunakan pada tahap validasi dan penilaian oleh para ahli serta siswa sebagai pengguna produk. Tingkat kelayakan produk berdasarkan hasil validasi dari dosen ahli materi memperoleh nilai sebesar 3,9 dengan kategori layak, validasi dari ahli media memperoleh nilai 4,7 dengan kategori sangat layak, calidasi dari guru ahli materi memperoleh nilai 4,08 dengan kategori layak dan respon siswa dalam bentuk penilaian sebagai pengguna produk memperoleh nilai 3,9 dengan kategori layak untuk digunakan.
Research and development was carried out with the aim of producing a product in the form of instructional video media twisting metric threads, knowing the level of feasibility, and knowing the response of students as users of video products. The method used in this research is Research and Development (R&D) with a 4D development model. Broadly speaking, this research was conducted with four main stages, namely defining, designing, developing and distributing. The data collection instrument used in this study was a questionnaire. The questionnaire used at the validation and assessment stage by experts and students as product users. The feasibility level of the product based on the results of the validation from the material expert lecturer got a score of 3.9 with the feasible category, the validation from the media expert got a score 4.7 with the very feasible category, the validation from the material expert teacher got a score 4.08 with a feasible category and student responses in the form of an assessment as a product user obtaining a score 3.9 with a category worthy of use
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v9i1.17447
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin