HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN TEORI PEMESINAN BUBUT DAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK DENGAN PRESTASI PRAKTIK PEMESINAN BUBUT
Thomas Sukardi, Jurusan Pendidikan TEknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman teori pemesinan bubut dengan prestasi praktik pemesinan bubut, hubungan antara kemampuan membaca gambar teknik dengan prestasi praktik pemesinan bubut serta hubungan pemahaman teori pemesinan bubut dan kemampuan membaca gambar teknik dengan prestasi praktik pemesinan bubut. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Salam yang berjumlah 53 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemahaman teori pemesinan bubut dengan prestasi praktik pemesinan bubut (𝑟𝑥1𝑦 = 0,511; α= 0,05), Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan membaca gambar teknik dengan prestasi praktik pemesinan bubut (𝑟𝑥2𝑦 = 0,412; α = 0,05) serta Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemahaman teori pemesinan bubut dan kemampuan membaca gambar teknik dengan prestasi praktik pemesinan bubut (𝑟𝑥1𝑥2𝑦 = 0,522; α =0,05).
This research aims to knowing the correlation between lathe theory comprehension with the achievement in performing lathe practice, Knowing the correlation between reading technical drawing with the achievement in performing lathe practice and Knowing the correlation between lathe theory comprehension and reading technical drawing competencies with the achievement in performing lathe practice. The type of method used in this research is ex-post facto. The amount of participants used in this research is 53 mechanical engineering students. Research findings there is a positive and significant correlation between lathe theory comprehension with the achievement in performing lathe practice by coefficient correlation (𝑟𝑥1𝑦 = 0,511; α= 0,05), there is a positive and significant correlation between reading technical drawing competencies with the achievement in performing lathe practice by coefficient correlation (𝑟𝑥2𝑦 = 0,412; α = 0,05); there is a positive and the correlation between lathe theory comprehension and reading technical drawing competencies with the achievement in performing lathe practice by coefficient correlation (𝑟𝑥1𝑥2𝑦 = 0,522; α =0,05).
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v8i2.17023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin