PENGARUH PERSEPSI KUALITAS MESIN DAN KEMAMPUAN GAMBAR TEKNIK PADA PRESTASI BELAJAR PEMESINAN FRAIS

Yacubus Valentino Galih W, Jurusan Pendidikan Teknik MEsin FT UNY, Indonesia
Thomas Sukardi, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa terhadap kualitas mesin dan kemampuan gambar teknik pada prestasi belajar pemesinan frais. Jenis penelitian yaitu expost-facto, populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan jumlah sampel sebanyak 86 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh persepsi siswa terhadap kualitas mesin pada prestasi belajar dengan nilai thitung sebesar 2,025 > ttabel 1,66 pada taraf 5% dan koefisien determinasi sebesar 0,134. Terdapat pengaruh kemampuan gambar teknik pada prestasi belajar dengan nilai thitung sebesar 2,526 > ttabel 1,66 pada taraf 5% dan koefisien determinasi sebesar 0,242. Terdapat pengaruh secara bersama-sama persepsi siswa terhadap kualitas mesin dan kemampuan gambar teknik pada prestasi belajar dengan Fhitung sebesar 6,059 > Ftabel 3,10 pada taraf 5% dan signifikansi sebesar 0,003 < 0,05.

This research aims to determine the effect of student perceptions on machine quality and ability of technical drawing on learning achievement of milling machining. This type research is expost-facto, the population of this research is all students of class XI at SMK Negeri 3 Yogyakarta with total sample of 86 students.Data collection using observation, questionnaires, and documentation. The results showed that there was effect of machine quality on learning achievement with a t value of 2.025 > 1.66 t table at 5% level and a coefficient of determination of 0.134. There is a influence on the ability of engineering drawing on learning achievement with a t value of 2.526 > t table 1.66 at the 5% level and a coefficient of determination of 0.242. There is significant influence jointly with machine quality and the ability engineering drawing on learning achievement with F value of 6.059 > F table 3.10 at the 5% level and a significance of 0.003 < 0.05.


Keywords


Machine quality, ability of engineering drawing, and learning achievement of milling machining

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v8i2.17020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin