IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMESINAN CNC
Bambang Setiyo Hari P, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran pemesinan CNC siswa kelas XI Pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dnegan desain siklusnya menggunakan model dari Kemmis dan Taggart. Pembuktian validitas instrument menggunakan validitas konstruk yaitu meminta pertimbangan kepala jurusan dan guru pengampu mata pelajaran dan untuk realibitas dilakukan di sekolah dengan pengujian secara berulang dengan subjek, soal sama dan rentang waktu tidak terlalu jauh. Hasil penelitian ini yaitu pengimplementasian pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray mampu meningkatkan moyivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran pemesinan CNC siswa kelas XI Pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Playen.
This study aimed to implement the cooperative learning of the Two Stay Two Stray type to improve the learning motivation and outcomes in the CNC machining subject for Grade XI students of Machining at SMK Muhammadiyah 1 Playen. This was a classroom action research study with the cycle design using Kemmis and McTaggart’s model. The instrument validity was assessed in terms of the construct validity by asking for the consideration of the head of the department and the subject matter teachers and the reliability was assessed by the test-retest method with the same subjects and test items and the time interval which was not too long. The result of the study showed that the implementation of the cooperative learning of the Two Stay Two Stray type was capable of improving the learning motivation and outcomes the CNC machining subject for Grade XI students of Machining at SMK Muhammadiyah 1 Playen.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v8i1.17015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin