PENGEMBANGAN MODUL GAMBAR MANUFAKTUR UNTUK SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK PIRI SLEMAN
Jarwo Puspito, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan serta menghasilkan media pembelajaran berupa modul gambar manufaktur pada mata pelajaran gambar manufaktur, dan mengetahui kelayakan modul pembelajaran. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan metode pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan di analisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pengembangan untuk menghasilkan modul gambar manufaktur, yaitu mengidentifikasi masalah dasar, merancang desain awal modul, mengembangkan modul dengan pertimbangan para ahli dan uji pengembangan, dan menyebarluaskan modul. Modul gambar manufaktur yang dibuat memuat enam kompetensi dasar. Tingkat kelayakan modul gambar manufaktur ditentukan oleh penilaian dari ahli materi, ahli media, guru, dan uji keterbacaan oleh siswa. Penilaian dari para ahli, guru dan siswa mendapatkan rata-rata nilai 83,4% dengan klasifikasi sangat layak.
This study aims to determine the development process and to produce learning media in the form of manufacturing drawing module on manufacturing drawing subjects, and to determine the feasibility of the learning module. This research is a Research and Development with 4D development method (Define, Design, Development, Disseminate). The data collection method uses a questionnaire with a scale Likert and analyzed using quantitative descriptive methods. The results of this study indicate that the development process to produce a manufacturing drawing module, namely identifying basic problems, designing the initial module design, developing the module with expert judgment and development test, and disseminating the module. The manufacturing drawing module created contains six basic competencies. The level of feasibility of the manufacturing drawing module is determined by the assessment of the material expert, media expert, teacher, and readability test by students. Assessments from experts, teachers and students get an average value of 83.4% with a very suitable classification.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v8i1.17013
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin