PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA PEMBELAJARAN CAD UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMK N 2 PENGASIH
Yatin Ngadiyono, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi siswa serta langkah pembelajaran CTL pada pembelajaran CAD. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas berjumlah tiga siklus dengan subjek penelitian siswa kelas XI Teknik Pemesinan 2 di SMK N 2 Pengasih. Hasil penelitian berupa adanya peningkatan pada kompetensi siswa dalam menggambar dengan sistem CAD yaitu diperoleh peningkatan rata-rata dari 69.72 dengan kelulusan mencapai 14%, menjadi 78.79 dengan kelulusan mencapai 57%, dan kembali meningkat menjadi 85.07 dengan kelulusan mencapai 100% pada tiap siklusnya. Diperoleh juga langkah pembelajaran CTL pada pembelajaran CAD, pertama menentukan kompetensi dasar, menentukan materi pembelajaran, menentukan benda sebagai objek gambar dan media pembelajaran, menyiapkan materi pembelajaran, memberikan motivasi kemudian memberikan materi dengan memanfaatkan benda nyata, membentuk kelompok secara heterogen, pemberian tugas melalui job sheet dan benda nyata, siswa saling berdiskusi secara berkelompok dengan menerapkan teknik PDSA dibawah bimbingan guru, masing-masing siswa membuat gambar, menilai pekerjaan siswa dengan memperhatikan proses perencanaan, pengerjaan, hasil, dan waktu pengerjaan, merefleksi hasil belajar siswa.
The objectives of this research are to find out the improvement of students’ competence and the step of CTL model application on CAD learning. The research is of three cycles classroom action research type, with research subjects are grade XI students of Machining Program at SMK N 2 Pengasih. The results of the research show that there is an improvement of the students’ competence on drawing with CAD systems. Improvement in scores is from 69.72 with 14% of students passed, to 78.79 with 57% of students passed, and again to 85.07 with 100% of students passed; all through the three cycles, respectively. Results also shown the steps of CTL model implementation in CAD learning, which are: 1) determining the basic competence, 2) determining the learning materials, 3) determining real objects as drawing objects and learning media, 4) preparing learning materials, 5) providing motivation, 6) delivering materials using real objects, 7) grouping students into heterogeneous groups, 8) giving tasks through job sheet and real objects as drawing object, 9) students performs group discussion by applying the PDSA technique by teachers’ guidance, 10) each student made a drawing, assessing students’ work by paying attention to the process of planning, execution, results, and working time, and 11) reflecting students’ learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dionysius Dwi Noviantoro. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi Nelajar Siswa pada Mata Pelajaran Membaca Gambar Teknik di SMK Piri 1 Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas negeri Yogyakarta.
Johnson, Elanie B. (2007). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna (Terjemahan Ibnu Setiawan). Bandung: Mizan Learning Center.
Kokom Komalasari. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Mertler. Craig A. (2011). Action Research Mengembangkan Sekolah Memberdayakan Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sri Rahayu, I.W. Rasna, G. Artawan. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran Menulis pada Siswa Kelas XII SMK N 1 Denpasar. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (2013), 1-13.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i3.1627
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin