PENGARUH WORK PREPARATION SHEET TERHADAP HASIL PRAKTIK BUBUT KELAS XI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Muhammad Afif Muhammad Afif Rais Uddin, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Badrun Kartowagiran, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan work preparation sheet (WPS) dalam praktik permesinan bubut dan mengetahui perbedaan hasil belajar praktik membubut kelompok yang diterapkan WPS dengan kelompok yang tidak menggunakan WPS saat prktik membubut kelas XI di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experimemntal Design jenis Nonequivalent Control Group Design yang membandingkan kelompok eksperimen dengan kontrol, data diperoleh dari nilai pretest dan posttest dengan menggunakan tes objektif. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas. Pengujian hipotesisnya menggunakan T-test. Hasil penelitian menunjukan pengaruh penggunaan WPS pada praktik membubut kelompok eksperimen dan kontrol saat praktik membubut, berpengaruh tetapi tidak signifikan. Rerata nilai kelompok eksperimen 88,18> kelompok kontrol 85.31. Rerata kelompok eksperimen meningkat sebesar 3.875 lebih tinggi dibanding kelompok kontrol dengan peningkatan 2.25, sehingga dapat disimpulkan kelas yang diberi perlakuan penggunaan WPS saat praktik lebih meningkat dibanding kelas yang tidak menggunakan WPS.

The purpose of this study was to determine the effect of the implementation of work preparation sheet (WPS) in lathe machining practices and to know the differences in the results of learning practice on turning between group applied WPS and group that did not use WPS in practicing turning class XI at Yogyakarta State Vocational High School 2. This research method uses the Quasi Experimental Design type of Nonequivalent Control Group Design that compares the experimental group with the control group, the data obtained from the pretest and posttest values using the objective test. Test requirements for data analysis using the normality test. Testing the hypothesis using a T-test. The results shows the influence of the use of WPS on the practice of turning the experimental and control group in turning practice, influential but not significant. The average value of the experimental group 88.18> control group 85.31. The average score of experimental group increased by 3.875 higher than the control groups with increasing 2.25, so that it can be concluded that the class given the treatment of WPS when practicing is higher than the class that does not use WPS.


Keywords


Pengaruh Work Preparation Sheet, Hasil Praktik Membubut; Effect of Work Preparation Sheets, Turning Practice

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v7i3.15212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin