PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNIK MESIN DI SMK PIRI SLEMAN
Didik Nurhadiyanto, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran Microsoft PowerPoint dengan tahapan pengembangan yang efektif untuk mata pelajaran Dasar Teknik Mesin di SMK PIRI Sleman, dan menganalisis kelayakan media pembelajaran PowerPoint pada mata pelajaran Dasar Teknik Mesin. Metode yang digunakan adalah Research and Development. Produk media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket dari validator kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan persentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian diketahui bahwa tahapan pengembangan media pembelajaran yang efektif yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) pembuatan produk pembelajaran, (3) validasi ahli dan guru pengampu, dan (4) uji coba produk. Hasil uji kelayakan media menurut ahli media, ahli materi dan guru pengampu masuk dalam kategori sangat layak dengan persentase masing-masing 82,7%, 86,7% dan 87,5%. Hasil uji respon siswa memperoleh persentase sebesar 85% masuk dalam kategori sangat layak.
The purpose from this research is to produce the product of PowerPoint learning media according effective development process on Basic of Mechanical Engineering lesson in SMK PIRI Sleman, and analyze PowerPoint learning media on Basic of Mechanical Engineering lesson feasibility. The method used is research and development. Learning media products developed are validated by experts. The research data was collected by questionnaire from the validator and then analyzed using quantitative descriptive analysis expressed in the scores distribution and percentage of the predetermined scale scoring category. The results of the research know that the development of PowerPoint learning media on the Basic of Mechanical Engineering lesson is carried out through several stages, namely (1) Needs Analysis, (2) Learning Product Creation, (3) Validation, and (4) Product Trial. The result of media feasibility test according to expert of learning, expert of material and teacher’s lesson are in the category very feasible with feasibility percentage 82,7% , 86,7% and 87,5%. Result of student's response test get percentage 85% in very feasible category.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v7i3.15204
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin