PENGARUH KEAKTIFAN SISWA BERORGANISASI DAN KEMAMPUAN SOFT SKILLS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Syukri Fathudin Achmad Widodo, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa berorganisasi dan kemampuan soft skills terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut dan Frais kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Klaten tahun ajaran 2017/2018. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Klaten pada bulan Desember 2017 sampai Januari 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 66 siswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan keaktifan siswa berorganisasi terhadap prestasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan persamaan garis regresi sederhana yakni Y=79,190+0,039. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan soft skills terhadap prestasi belajar, hal ini ditunjukkan dengan persamaan garis regresi sederhana yakni Y=75,904+0,054.
This study aims to determine the student organizational activity and soft skill abilities in the learning achievement of lathe and milling machine technique subject of 11 grade major engine skills students in SMK Negeri 2 Klaten 2017/2018. The research was conducted at SMK Negeri 2 Klaten in December 2017 to January 2018. This research is a quantitative research method used is expost facto. The population in this study were 66 students. The data collection questionnaire method and documentation methods. The results of this study are there is no significant negative influence and organize student activity on student achievement class XI competence machining engineering expertise SMK Negeri 2 Klaten 2017/2018 school year. This is shown by the simple regression equation Y=79,190+0.039. There is a positive and significant effect of soft skills on student achievement. This is demonstrated by the simple regression equation Y=75,904+0.054.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v7i2.14927
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin