MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR CNC DASAR KELAS XI TEKNIK MESIN SMK NEGERI 2 WONOSARI
Bambang Setiyo Hari P., Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran CNC Dasar. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah 32 siswa kelas XI MB pada program teknik pemesinan SMKN 2 Wonosari. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan tes yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 26 siswa tuntas belajar pada siklus I, 31 siswa pada siklus II, dan 32 siswa pada siklus III. Model pembelajaran berbasis proyek dapat diterapkan dengan baik pada mata pelajaran CNC Dasar karena dapat meningkatkan jumlah siswa yang tuntas belajar dan prestasi belajarnya. Rata-rata nilai tes pada siklus I, siklus II dan siklus III berturut-turut adalah 79,8; 83,9 dan 89,9.
The purpose of this study were to implement project-based learning model to increase learning achievement of basic CNC subjects. The subject of this class action research were 32 students of XI MB mechanical engineering class of SMKN 2 Wonosari. Data were collected by observation sheets and test which then analyzed descriptive-qualitatively. The results shows that 26 students have pass in the first cycle, 31 students have pass in the second cycle, and 32 students have pass in the third cycle. Project-based learning model could be applied well in basic CNC subject because it could increase the number of students who passed and its learning achievement. The average test scores on cycle I, II, and III were 79,8; 83,9 and 89,9 respectively.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Kasihandi Susanto (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) Untuk Meningkatkan Kecakapan Teknikal Memperbaiki Sistem Pengapian Pada Program Keahlian Teknik Otomotif Di SMK National Malang. Diakses 21 maret 2016 dari eprints.uny.ac.id/21881/2/BAB%2011.pdf
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Proyek/Project Based Learning. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i1.1481
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin