PENGEMBANGAN MODUL PENGELASAN BAGI SISWA SMKN 2 PENGASIH UNTUK MENGHADAPI LOMBA KOMPETENSI SISWA
Putut Hargiyarto, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pengelasan bagi siswa-siswa SMKN 2 Pengasih untuk menhadapi Lomba Kompetensi Siswa (LKS). Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dan data diambil menggunakan angket. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI jurusan las dengan jumlah 6 siswa untuk uji coba I dan 10 siswa untuk uji coba II. Hasil modul yang dikembangkan adalah: (1) menurut penilaian pengelasan ahli, kelayakan modul adalah 86% yang berarti dalam kategori sangat baik; (2) ahli media menilai kelayakan modul dengan 72% sehingga dinyatakan dalam kategori baik; dan (3) uji coba kedua oleh calon pengguna menunjukkan bahwa kelayakan modul adalah 77% yang berarti berada dalam kategori sangat baik.
This research aimed at developing the welding module for SMK N 2 Pengasih students in preparation on Student Competence Competition. Research and development method was used to develop module and the data is retrieved using a questionnaire. The study was conducted on a XI grade student majoring in welding such that 6 students for the first test and 10 students for the second test. The result of modules developed are: (1) according to judgement of welding expert, the module feasibility is 86% which is considered in very good category; (2) media expert judging the module feasibility with 72% so that it is in a good category; and (3) the second trial by user shows that the score of module feasibility is 77% which mean is in a good category.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Suharsimi Arikunto, (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutopo. (2007). Kegiatan Penjurian Dalam Rangka Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Se Daerah Istimewa Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i1.1477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin