FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK
Febrianto Amri Ristadi, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengukur dan mendeskripsikan faktor- faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam mata pelajaran Gambar Teknik pemesinan di SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI teknik pemesinan di SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta yang berjumlah 121 siswa dan dengan sampel sebanyak 90 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dokumentasi dan observasi/pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Minat belajar siswa kelas XI teknik pemesinan dalam mata pelajaran Gambar Teknik di SMK Muhammadiyah Prambanan memiliki kecenderungan sangat rendah yaitu sebesar 30%. Faktor eksternal lebih mendominasi dalam mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik yang memiliki kecenderungan sedang sebesar 30% dibanding faktor internal yang memiliki kecenderungan rendah sebesar 27%. Kemudian faktor-faktor yang memiliki kecenderungan tinggi yaitu metode pembelajaran sebesar 46%, pengaruh teman sebesar 60%, peraturan sekolah sebesar 49%, kondisi sekolah sebesar 28% dan lingkungan masyarakat sebesar 48%.
The purpose of this study is to measure and describe the factors that influence students' interest in the technical drawing lesson at SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. The population in this study was the 121 students of machinging major. A sample of 90 students was used. Data were collected using questionnaires, documentation and observations. The data were analyzed using descriptive analysis with a quantitative approach. The results of the research are: the interest of the students in technical drawing lesson at SMK Muhammadiyah Prambanan has a tendency of very low, at around 30%. The influence of external factors in students' learning interest of technical drawing lesson is more dominant compared to the internal factors, with a comparison of 30% to 27%. The factors that have a high tendency, in descending order, namely: influence of friends (60%), school regulations (49%), community environment (48%), methods of learning (46%) and the school conditions (28%).
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v7i1.14748
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin