PENGARUH LINGKUNGAN FISIK DAN BIMBINGAN TERHADAP PRESTASI PRAKTIK PEMESINAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Edy Purnomo, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan fisik bengkel dan bimbingan guru terhadap prestasi praktik pemesinan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Variabel penelitian yang termasuk jenis penelitian expost facto ini adalah lingkungan fisik bengkel (X1) dan bimbingan guru (X2) sebagai variabel bebas serta prestasi praktik pemesinan (Y) sebagai variabel terikatnya. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 89 siswa kelas XII Teknik Pemesinan. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan fisik bengkel dan bimbingan guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi praktik pemesinan masing-masing sebesar 15,7% dan 22,4%. Lingkungan fisik bengkel dan bimbingan guru secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi praktik pemesinan sebesar 32,7%.
This research aimed at determining effect of workshop phisycal environment and the teachers guidance on machining practice achievement on XII grade of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. The variable in this ex-post facto research were whorkshop phisycal environment (X1) and teachers guidance (X2) as independent variable, while the machining practice achievement (Y) as dependent variable. The samples were 89 student of XII grade of machining program. The data were collected by questionnaire and documentation and then analyzed by simple and multiple regression analysis techniques. The result shows that the whorkshop phisycal environment and teacher guidance have a positive influence to machining practice achievement with significance of 15,7% and 22,4% respectively. Futhermore both of them influencing positively on machining practice achievement with significance of 32,7%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyanto. (2011). Pengaruh Penggunaan Fasilitas Bengkel dan Perawatan Lingkungan Praktik Tehadap Prestasi Praktik Kerja Kayu Siswa Kelas I Mata Pelajaran Teknik Dasar Konstruksi Bangunan Di SMK Negeri I Sayegan, Sleman, Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Dwi Siswoyo, dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Mohammad Fathur Rokhman. (2012). Pengaruh Kelayakan Bengkel dan Prestasi Mata Pelajaran Instalasi Terhadap Kesiapan Kerja Sebagai Instalatir Listrik Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Oemar Hamalik. (2012). Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Permendiknas No. 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
The Liang Gie. (1986). Kamus Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: Nur Cahaya.
Umar dan Sartono. (2004). Bimbingan dan Penyuluhan Untuk Fakultas Tarbiyah komponen MKDK. Yogyakarta: Pustaka Setia.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i1.1474
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin