PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN LAS BUSUR MANUAL DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN

Adhitya Andriadi Astito, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Riswan Dwi Djatmiko, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran las busur manual di SMK Muhammadiyah Prambanan. Mengetahui spesifikasi video pembelajaran yang telah dibuat untuk pembelajaran las busur manual di SMK Muhammadiyah Prambanan. Mengetahui kualitas video pembelajaran yang telah dibuat untuk pembelajaran las busur manual di SMK Muhammadiyah Prambanan. Tahapan-tahapan dari penelitian Borg and Gall yang telah dimodifikasi yaitu  Mengembangkan produk, Menguji kualitas produk dalam mencapai tujuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket tertutup dengan model skala Likert 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis stastistik deskriptif yang diungkapkan dalam distribusi skor terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penilaian kelayakan media video yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh tingkat kelayakan 76 % dengan klasifikasi layak. Sedangkan oleh ahli media memperoleh tingkat kelayakan 87,33 % dalam klasifikasi sangat baik. Video pembelajaran oleh siswa siswi kelas XI memperoleh kelayakan sebesar 70,5 % dengan klasifikasi layak. Berdasarkan data tersebut, video pembelajaran las busur manual layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa siswi di SMK Muhammadiyah Prambanan.

This study aims to develop a video instruction of manual arc welding technique at SMK Muhammadiyah Prambanan. to know the specification of video learning that has been made for learning of manual arc welding technique at SMK Muhammadiyah Prambanan. to know the quality of video learning that has been made for learning of manual arc welding technique at SMK Muhammadiyah Prambanan. The steps of Borg and Gall's modified research are developing the product, testing the product quality in achieving the goal. Data collection techniques in this study using a closed questionnaire with Likert scale model 5 answer choices. The data analysis technique used is descriptive stratic analysis technique which is expressed in the distribution of score on the predetermined scale scoring category.            The result of the modification feasibility assessment conducted by the material expert obtained the level of eligibility 73% with a proper classification. Whereas by the media expert gained 87,33% feasibility level in very good classification. The legibility of the video by the students of grade XI gets eligibility equal to 70,5% with proper classification. Based on the data, the instructional module of manual arc welding technique is suitable to be used as a learning medium for students in SMK Muhammadiyah Prambanan.


Keywords


Pengembangan, video pembelajaran, las busur; Development, learning video, arc welding

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i4.11938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin