PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PROYEKSI GAMBAR TEKNIK KELAS X PEMESINAN SMK

Muhamad Sidiq Pramoko, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Pardjono ., Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode discovery learning terhadap pemahaman materi proyeksi gambar teknik mesin kelas X di SMK N 1 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design, subyek penelitian ini adalah peserta didik sebanyak 60 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data mengunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh penerapan metode discovery learning terhadap pemahaman materi proyeksi gambar teknik siswa kelas X Teknik Pemesinan Di SMK N 1 Magelang, yang dibuktikan dari hasil rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi (84.23) dari kelompok kontrol (79.23) serta hasil uji independent sample t-test diperoleh t hitung > t tabel (3.089>2.002) siq (2 tailed) = 0.003 < 0.05, pada tingkat kepercayaan 95% sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian implementasi discovery learning berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada materi proyeksi gambar teknik.

This research aims to investigate the impact of discovery learning methods on student’s understanding on projections of engineering drawing year X in VHS 1 Magelang. This research was a quasi-experimental with nonequivalent control group design. Subject of this research was 60 students. The technique of collecting data used test. Data was analyzed by using independent sample t-test. The result showed that the mean of experiment group is  (84.23) higher than the mean of control group, that is (79.23),  and the independent test samples t-test with t observed > t table  (3.089>2.002) and probability =0.003 <0.05. It is mean that implementation of discovery learning methods have effect on student’s understanding on projection engineering drawing.


Keywords


Gambar teknik, metode discovery learning, proyeksi; Discovery learning method, engineering drawing, projection

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i4.11936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin