PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH MENGASAH END MILL DI SMK N 2 YOGYAKARTA
Paryanto ., Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan prosedur pengembangan media pembelajaran macromedia flash mengasah end mill, mengetahui kelayakan media pembelajaran , dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Penelitian dilakukan pada 30 siswa di Jurusan Teknik Pemesinan SMK N 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah prosedur pengembangan media pembelajaran terdiri dari 8 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, produk siap digunakan, media pembelajaran layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari penilaian pada kualitas isi dengan rerata skor 4,44 (sangat baik), penilaian kualitas teknis dengan rerata skor 4,19 (baik), dan penilaian kualitas instruksional dengan rerata skor 4,15 (baik). Tanggapan siswa terhadap media pembelajaran sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari penilaian kualitas instruksional oleh siswa, di dapatkan skor 4,46 (sangat baik).
The research was aimed to explain the procedure of development Macromedia Flash instructional media for sharpening end mill, Knowing proper of instructional media, and knowing student’s responses for instructional media. This research method used was research and devolepment. The research was conducted on 30 students in Mechanical Engineering Department SMK N 2 Yogyakarta. Data collecting used questionnaire and the analysis used describtive quantitative. Results of this research are the procedure of development instructional media consist of 8 steps that is Potency and problem, collecting data, product design, validation design, revision design, trial product, revision product, product release. Instructional media is proper for learning. Based on value on quality content with average score 4,44 (very good). The valuation of technical quality with average score 4,19 (good), and the valuation of instructional quality with average score 4,15 (good). Student’s response for instructional media is very good. Based on the value of instructional quality by students, the value is 4.46 (very good).
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i2.11881
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin