PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN CNC

Afrizal Putra Perdana, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Nuchron ., Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran CNC dasar di SMK Piri 1 Yogyakarta, Penelitian ini menggunakan metode pemecahan masalah problem solving. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek 46 siswa dan kriteria ketuntasan minimal ≥75. Hasil penelitian ini memberikan peningkatan rata-rata keaktifan siswa sebesar 11,52%. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 72,79% dan siklus II sebesar 84,31%. Prestasi siswa juga mengalami peningkatan sebesar 13,2% dimana pada siklus I mendapatkan peresentase sebesar 69,3%. Siswa yang tuntas berjumlah 29 setara dengan 63,04%. Pada siklus II persentase yang didapat sebesar 82,5%. Siswa yang tuntas 44 setara dengan 95,66%. Dengan demikian penerapan metode pemecahan masalah ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

The purpose of this research is to know the influence of the learning method of problem solving learning and achievement against the liveliness of grade XI on the subjects of basic CNC in SMK Piri 1 Yogyakarta, this research using the method of troubleshooting the problem solving. This reaserch includes the study of the subject with a number of class action 46 students and thoroughness criteria at least ≥75. The result of this reaserch provide increased an average of 11.52% students of liveliness. The average rating on a cycle I of 72.79% and cycle II of 84.31%.  Student achievement is also experiencing an increase of 13.2% where in the cycle I gain the percentage of amounted to 69.3%. Students who completed number 29 equivalent to 63.04%. Cycle II percentage gained of 82.5% students who complete the equivalent of 44 student or 95.66%. Thus the application of the method of solving this problem can enhance the learning achievements of students.


Keywords


Lekatifan belajar siswa, metode problem solving, prestasi belajar siswa; Student liveliness, methods of problem solving, learning achievements of students

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i1.10436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin