PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR GAMBAR TEKNIK DI SMK MA’ARIF SALAM

Wahyu Eko Saputro, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Syukri Fathudin Achmad Widodo, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan anlisis statik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi belajar ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R2) 0,140. Terdapat pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi belajar ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R2) 0,155. Terdapat pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R2) adalah 0,220  dan F hitung sebesar 5,374 lebih besar dari F tabel 3,244 pada taraf signifikansi 5%.

This study aims know the influence school environment on students' achievement, know the influence of study motivation on students' achievement, know the influence of school environment and study motivation on students' achievement. This is an ex-post facto study. This study is quantitative study that uses static analysis. The data were collected through questionnaire and documentation. The result showed that:  there is an influence of school environment on students achievement which is showed by the determination coefficient (R2) 0,140. There is an influence of study motivation on students' achievement which is showed by the determination coefficient (R2) 0,155. There is an influence of school environment and study motivation on students' achievement which is showed by the determination coefficient (R2) 0,220 and F count 5,374 is bigger than F table 3,244 on significant degree 5%.


Keywords


Lingkungan sekolah, motivasi belajar, prestasi belajar, gambar teknik; School environment, study motivation, learning achievement, engineering drawing subject

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i1.10434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin