PENINGKATAN KOMPETENSI PEMROGRAMAN PLC ZELIO SISWA SMK NEGERI 2 KLATEN MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING STAD

Dicky Nurul Ilham, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui peningkatan kompetensi pemrograman PLC Zelio pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik aspek psikomotor di SMK Negeri 2 Klaten melalui metode Cooperative Learning STAD. (2) Mengetahui peningkatan afektif siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik melalui metode Cooperative Learning STAD di SMK Negeri 2 Klaten. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan-tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Model pengembangan penelitian ini menggunakan model tindakan Kemmis dan Mc Taggart. Hasil afektif siswa pada pra siklus sebesar 34,8%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus ke 1 sebesar 43,8%. Lalu meningkat pada siklus ke 2 sebesar 58,3%. Kemudian meningkat pada siklus ke 3 menjadi 74,5%. Hasil psikomotorik siswa pada pra siklus sebesar 36,6. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus ke 1 sebesar 47,5. Lalu meningkat pada siklus ke 2 sebesar 73,3. Kemudian meningkat pada siklus ke 3 sebesar 81,8. Hasil penelitian tersebut menunjukkan peningkatan aspek afektif sebesar 39,7% dari pra siklus hingga siklus ke 3 dan aspek psikomotor meningkat sebesar 45,2 dari pra siklus hingga siklus ke 3.

 

Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Kemmis dan Mc Taggart, Instalasi Motor Listrik

 

Abstract

This research aims to determine : (1) the increased of Zelio PLC programming competence on subjects of Electric Motor Installation at psychomotor aspects in SMK Negeri 2 Klaten with STAD Cooperative Learning method. (2) the increase of students activity on subjects of Electric Motors Installation with STAD cooperative learning method at SMK Negeri 2 Klaten. This research is a classroom action research with the stages of planning, action, observation and reflection. Development model used action of Kemmis and Mc Taggart research. Results of students affective aspects in pre-cycle is 34.8%. Then there was an increase in cycle 1 to be 43.8%. After that the increase in cycle 2 amounted to 58.3%. And than the increase in cycle 3 to 74.5%. Results of  students psychomotor aspects in pre-cycle of 36.6. Then there was an increase in cycle 1 to be 47,5. After that the increase in cycle 2 amounted to 73,3%. And than the increase in cycle 3 to 81,8. The results showed an increase in the affective aspects of pre cycle to cycle 3 amounted to 39.7% and increased psychomotor aspects of pre cycle to cycle 3 amounted to 45.2.

                                                                                                         

Keywords:  Class Action Research, Kemmis and Mc Taggart, Installation of Electric Motors

Full Text:

459-466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.