PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLASTIC CUTTING STATION UNTUK PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN PLC DI SMK N 2 PENGASIH
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengembangkan plastic cutting station sebagai media pembelajaran, mengetahui tingkat kelayakan plastic cutting station dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran pemrograman PLC dengan menggunakan media pembelajaran plastic cutting station. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE menurut Robert Maribe Branch yang terdiri dari (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK N 2 Pengasih dengan subjek penelitian kelas XII program keahlian Teknik Elektronika Industri. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) mengembangkan media pembelajaran plastic cutting station untuk pembelajaran pemrograman PLC yang dilengkapi dengan jobsheet, handout dan manual operation. (2) Hasil penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan rerata skor 87,50 dari total skor sebesar 104 dengan kategori “sangat layak”, penilaian ahli materi mendapatkan rerata skor 89,5 dari total skor 112 dengan kategori “layak”. Penilian oleh pengguna pertama mendapatkan skor rerata 99,5 dari total skor 112 dengan kategori “sangat layak” dan penilaian oleh pengguna akhir mendapatkan 84,01% menyatakan media “sangat baik”. (3) media plastic cutting station memberikan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada pembelajaran pemrograman PLC, terlihat dari peningkatan jumlah siswa yang memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal yakni dari empat siswa (25%) menjadi 11 siswa (68,75%) dan juga dari hasil uji “t” didapatkan nilai 6,67 lebih besar dari nilai t tabel yaitu 2,13 pada taraf signifikan 5%.
Kata kunci: Media Pembelajaran PLC, Pemrograman PLC, Perekayasaan Sistem Kontrol, Station PLC
Abstract
The purpose of this research were to develop plastic cutting station as learning media, determine the feasibility of plastic cutting station, and to determine the students’ achievement of PLC programming using plastic cutting station as the learning media. This study is research and development (R&D). The method used in this study was ADDIE which has five aspects according to Robert Maribe Branch (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation. This study was collected from SMK N 2 Pengasih and the subject of this research was XII grade students of industrial electronics engineering study program. The result of this study were (1) developed the learning media plastic cutting station for PLC programming using jobsheet, handout, and manual operation, (2) the feasibility assessment get“very feasible” category with the average score of 87,50 and the total score of 104 from media experts and from materials expert with the average score of 89,5 from the total score of 112. The used assessment by the first users get the average score of 99,5 from the total score of 112 which get “very feasible” category and the used assessment by the last users accomplished a “very feasible” category with the percentage of 84,01%, (3) Plastic cutting station media improve the students learning outcomes of PLC programming which showed from the rising number of students, and the completeness of the minimum scores criteria of the four students (25%) raised into eleven students(68,75%) revealed from t-test scored 6,67 which is higher than the t table value 2,13 with the significance level 5%.
Keywords: PLC Media Learning, PLC Programming, PLC Station
Full Text:
410-420Refbacks
- There are currently no refbacks.