EVALUASI KELAYAKAN DAN KEPUASAN GURU SERTA SISWA TERHADAP SARANA DAN PRASARANA PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan sarana dan prasarana. (2) Kepuasan guru serta siswa terhadap sarana dan prasarana Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripti kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode survey, dimana peneliti menggunakan kuisioner dan kuisioner tersebut diisi oleh responden yang dituju. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif, terdiri dari distribusi frekuensi dan uji deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Sarana dan prasarana pada laboratorium/ruang praktik teknik elektronika industri SMK Muhammadiyah Prambanan belum sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008. (2) Kelayakan menurut guru dalam kategori layak. (3) Kelayakan menurut siswa dalam kategori layak. (4) Kepuasan guru dalam kategori kurang memuaskan. (5) Kepuasan siswa dalam kategori memuaskan.
Kata kunci: Kelayakan, Kepuasan, Sarana, Prasarana
Abstract
This study is aimed to identify: (1) The feasibility of facilities and infrastructure. (2) Satisfaction of teachers and students to facilities and infrastructure of Iindustrial Electronics Expertise Program SMK Muhammadiyah Prambanan. The research method used is quantitative descriptive, with cross sectional approach. Technique of collecting data of this research used survey method, where researcher use questioner and questioner is filled by respondent. Data analysis used descriptive statistic method, consist of frequency distribution and descriptive test. The results of this research indicate that; (1) The facilities and infrastructure of the laboratory / workshop of electronics engineering industry SMK Muhammadiyah Prambanan not in accordance with the standards set by Permendiknas Number 40 Year 2008. (2) According to the teacher, the feasibility category of facilities and insfratructure is good. (3) According to the students, the feasibility category of facilities and insfratructure is good. (4) The teacher satisfaction is not satisfied. (5) The students satisfaction is satisfied.
Keywords: Feasibility, Satisfaction, Facilities, Infrastructure
Full Text:
389-398Refbacks
- There are currently no refbacks.