PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN DASAR ELEKTRONIKA DI SMK HAMONG PUTERA 2 PAKEM
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merancang dan membangun media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran dasar elektronika; (2) mengetahui unjuk kerja dan kelayakan Augmented Realitysebagai mata pelajaran dasar elektronika. Model pengembangan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model waterfall. Pengembangan media pembelajaran ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap analisis, perencanaan, pengkodean, dan pengujian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Listrik SMK Hamong Putera 2 Pakem. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Media pembelajaran Augmented Reality untuk mata pelajaran dasar elektronika terdiri dari enam komponen utama, yaitu AR Elektronika, SK KD, materi pembelajaran, soal, petunjuk, dan informasi; (2) Hasil unjuk kerja dengan pengujian black box yang menunjukkan semua komponen pada aplikasi AR elektronika berfungsi dengan baik; (3) hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor rerata total 65 dari skor maksimal sebesar 80 dengan kategori “layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor rerata total 87 dari skor maksimal sebesar 100 dengan kategori “sangat layak”. Serta rerata skor yang diperoleh dari penilaian pengguna akhir yaitu siswa sebesar 76 dari skor rerata maksimal sebesar 96 dengan kategori “layak” digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Augmented Reality, Dasar Elektronika, Media Pembelajaran
Abstract
The aims of this research were: (1) to design and build Augmented Reality learning media ofbasic electronics subject; (2) to find out the performance and feasibility of Augmented Reality as basic electronics learning media. The type of this research was a Research and Development (R&D) with waterfall model. The procedure to produce this learning media consists of 4 steps; they are analysis; design; coding; testing. Subjects in this research were students of X Class electrical engineering departement at SMK Hamong Putera 2 Pakem. Product feasibility testing was conducted by two material experts and two media experts. The results of the research show that (1) Learning Media of Augmented Reality in basic electronics consists of six main components, they are Electronic AR, SK KD, learning material, the question of evaluation, instructions, and information; (2) performance test with black box testing which shows all the components on the application AR electronics was function properly; (3) the results of feasibility assessment of the material get the average score of 65 from the maximum score of 80 and classified as feasible. Feasibility assessment by media expert get the average score of 87 from the maximum score of 100 and clasified as highly feasibility. The average score obtained from the assessment of end users, by students get the average score of 76 from the maximum average score of 90 and classified as feasible used for learning media.
Keywords: Augmented Reality, Basic of Electronic, Learning Media
Full Text:
266-274Refbacks
- There are currently no refbacks.