EVALUASI PEMANFAATAN LABORATORIUM KOMPUTER TEKNIK MULTIMEDIA UNTUK KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMK NEGERI 2 SEWON
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan laboratorium komputer teknik multimedia untuk kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 2 Sewon pada aspek (1) sarana dan prasarana, (2) kelayakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran, dan (3) proses pengelolaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kelayakan prasarana ruang Laboratorium Komputer 1 sebesar 43,75% (tidak layak), prasarana ruang Laboratorium Komputer 2 sebesar 43,75% (tidak layak), dan prasarana ruang Laboratorium Komputer 3 sebesar 85% (sangat layak). Kelayakan sarana ruang Laboratorium Komputer 1 sebesar 81,67% (sangat layak), Sarana ruang Laboratorium Komputer 2 sebesar 81,67% (sangat layak), dan Sarana ruang Laboratorium Komputer 3 sebesar 81,67% (sangat layak). 2) Tingkat kelayakan laboratorium komputer untuk mendukung kegiatan pembelajaran dengan responden siswa sebesar 74,14% (layak), dan tingkat kelayakan laboratorium komputer untuk mendukung kegiatan pembelajaran dengan responden guru sebesar 69% (layak). 3) Proses pengelolaan setiap laboratorium komputer dikelola dengan cukup baik, struktur organisasi dan deskripsi tugas telah tersedia dan dilaksanakan dengan cukup baik. Pemeliharaan dan perawatan perangkat komputer dilakukan pada saat tidak ada kegiatan praktikum atau saat jam kosong saja.
Kata kunci: evaluasi, sarana dan prasarana, pemeliharaan, kelayakan, laboratorium komputer, perawatan
Abstract
This study aims to determine the feasibility of computer laboratories of multimedia engineering department for learning activities in SMK Negeri 2 Sewon on the aspects of: (1) infrastructure, (2) the feasibility of supporting learning activities, and (3) management process. The result shows that: 1) The feasibility of infrastructure in computer laboratory 1 is 43.75% (not feasible), computer laboratory 2 is 43.75% (not feasible), and computer laboratory 3 is 85% (very feasible). The feasibility of facilities in computer laboratory 1 is 81.67% (very feasible), computer laboratory 2 is 81.67% (very feasible), and computer laboratory 3 is 81.67% (very feasible); 2) The feasibility of computer laboratories to support learning activities with students as the respondents is 74.14% (feasible), and the feasibility of computer laboratories to support learning activities with teachers as the respondents is 69% (feasible); 3) The computer laboratories are managed well, the organizational structure and job descriptions have been provided and executed fairly well. Computer maintenance is done during off-hours.
Keywords: evaluation, infrastructure, maintenance, feasibility, computer labs, care
Full Text:
164-178Refbacks
- There are currently no refbacks.