PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE UNTUK PENGUASAAN GERBANG LOGIKA DASAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Farah Puspa Marsyaly, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) unjuk kerja, (2) tingkat kelayakan dan (3) dampak media pembelajaran mobile untuk penguasaan gerbang logika dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE untuk pengembangan materi dan Waterfall Pressman untuk pengembangan perangkat lunak. Hasil penelitian ini adalah: (1) unjuk kerja media pembelajaran mobile gerbang logika dasar dikategorikan “Sangat Baik” dengan rerata nilai 100 pada indikator kesesuaian media dan ketepatan navigasi sesuai dengan dimensi functionality standar ISO 9126, (2) kelayakan media pembelajaran mobile termasuk dalam kategori “Sangat Layak” oleh ahli materi dan ahli media, dengan rerata secara berturut-turut 76,69 dan 77,60, dan (3) media pembelajaran mobile berdampak pada penguasaan gerbang logika dasar dengan nilai signifikansi uji Wilcoxon 0,002 untuk SMK N 2 Pati dan 0,008 untuk SMK Muhammadiyah Kudus yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan, serta nilai gain berdasarkan modus sebesar 36,84% dengan kategori “Lebih dari Sedang” untuk SMK N 2 Pati dan 37,04% dengan kategori “Sedang” untuk SMK Muhammadiyah Kudus.

Kata kunci: Media Pembelajaran Mobile, Gerbang Logika Dasar

 

 

Abstract

This objectives of this study were to know: (1) the performance, (2) the feasibility, and (3) the impact of mobile learning media for basic logic gates subject. This study is research and development used ADDIE development model for developing the material and Pressman’s Waterfall model for developing the software. The results of this study are: (1) performance of mobile learning media for basic logic gates was categorized as “very good”, with the average score of 100 at the suitability indicator of media and the accuracy of navigation according to the functionality dimension of ISO 9126 standard, (2) the feasibility of mobile learning media categorized as “very feasible” from the judge of material expert and  media expert, with the average score of 76,69, and 77,60, then (3) mobile learning media have an impact for basic logic gates subject with signification of Wilcoxon test of 0,002 for SMK N 2 Pati and 0,008 for SMK Muhammadiyah Kudus which means there were significant difference, then the gain value with modus of 36,80% with “exceed of sufficient” category for SMK N 2 Pati and the gain value with modus of 37,00% with “sufficient” category for SMK Muhammadiyah Kudus.

 

Keywords:  Mobile Learning Media, Basic Logic Gates


Full Text:

118-129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.