PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI UNTUK BELAJAR MANDIRI PADA KOMPETENSI DASAR HIDROLIK DAN KOMPONEN HIDROLIK SISWA SMK NEGERI 3 WONOSARI

Faizal Yusli Nurhabibie, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)  mengembangkan game edukasi sebagai media pembelajaran pneumatik dan hidrolik di Sekolah Menengah Kejuruan dan (2) mengetahui kelayakan game edukasi sebagai media pembelajaran pneumatik dan hidrolik di Sekolah Menengah Kejuruan. Model pengembangan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari (1) Analisys, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pengembangan game edukasi  dengan model ADDIE menghasilkan game edukasi yang terdiri dari halaman utama, level game, skor tertinggi, menu materi dan pengaturan. (2) Berdasarkan penilaian oleh ahli materi didapatkan rerata skor 77 dari rerata skor maksimal 104 dengan kategori “layak”.  Berdasarkan penilaian oleh ahli media didapatkan rerata skor 93 dari rerata skor maksimal 104 dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan penilaian oleh siswa didapatkan rerata skor 63,59 dari rerata skor maksimal 80 dengan kategori “layak”.

Kata kunci: Game edukasi, Media pembelajaran, Pneumatik dan hidrolik

 

 

Abstract

The purpose of this study is to: (1) develop an education game as learning media of pneumatic and hydraulic subject in vocational high school and, (2) knows the feasibility of education game as learning media of pneumatic and hydraulic subject in vocational high school. This study used ADDIE development model that consist of: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, and (5) Evaluation. The result of this study were: (1) The development of education game with ADDIE development model produced the education game that consist of: main page, game level, highest score, matter menu, and settings. (2) According to the judgement of material expert, this game gets the average score of 77 from the maximal average score of 104 with “feasible” category. According to the judgement of media expert, this game gets the average score of 93 from the maximal average score of 104  with “very feasible” category. According to student test, this game gets the average score of  65.95 from maximal average score of 80 with “feasible” category.

 

Keywords:  Education game, learning media, pneumatic and hydraulic


Full Text:

87-95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.