PENINGKATAN KOMPETENSI DASAR PERANCANGAN DESAIN PCB BERBANTUAN SOFTWARE EAGLE DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak nya peningkatan kompetensi ranah kognitif dan psikomotorik pada siswa yang diberikan perlakuan menggunakan metode Project Based Learning. Jumlah sample yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 64 orang. Penelitian dilakukan di SMK N 3 Yogyakarta dengan subyek penelitian, kelas X TAV 1 dan X TAV 2. Kelas X TAV 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TAV 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen menggunakan Non randomized control group pretest and posttest desain. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah independent sample t test dan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tidak terdapat peningkatan kognitif yang signifikan pada kelompok eksperimen. Hal tersebut sesuai dengan hasil uji t pada ranah kognitif menggunakan skor gain yang menunjukkan bahwa 1,045 < 1,6706 dan signifikansi hitung (P) 0,300 > 0,05.(2) Terdapat peningkatan psikomotorik yang signifikan pada kelas eksperimen. Hal tersebut dibuktikan dengan uji Mann Whitney yang menghasilkan 301.500 > 139 dan nilai signifikansi hitung (P) 0,003< 0,05.
Kata kunci: Kompetensi, Project Based Learning, PCB, EAGLE
Abstract
This study aims to determine the increase of cognitive and psychomotor competencies in students who are given treatment with Project Based Learning. The sample used in this study are 64 students. The study was conducted in SMK N 3 Yogyakarta with research subjects are students in X class TAV 1 and X Class TAV 2. X class TAV 1 as an experimental class and X class TAV 2 as the control class. This study is a Quasi-Experimental research used Non-randomized control group pretest and posttest design. Data collection techniques used tests and observation. Hypothesis test used in this research is Independent Sample T Test and Mann Whitney. The results showed that: (1) There is no significant cognitive aspect improvement in the experimental group. This is consistent with the t test results on the cognitive aspect use gain score indicating that t_observed 1,045 < t_table 1.6706 and arithmetic significance (P) 0.300 > α 0.05. (2) There is a significant increase in psychomotor aspect in the experimental class. This is evidenced by Mann Whitney test that produces U_observed 301.500 > U_table 139 and the arithmetic significant value(P) 0.003 < α 0.05.
Keywords: Competence, Project Based Learning, PCB, EAGLE
Full Text:
51-59Refbacks
- There are currently no refbacks.