PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERANTI SENSOR UNTUK MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR KELAS XI PAKET KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 2 WONOSARI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif peranti sensor yang sesuai untuk mata pelajaran Sensor dan Aktuator, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif, (3) mengetahui pencapaian kompetensi siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif, dan (4) mengetahui respon penilaian siswa terhadap media pembelajaran interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan angket. Pengujian kelayakan dilakukan melalui pengujian alpha, sedangkan evaluasi dilakukan melalui pengujian beta. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) media pembelajaran interaktif peranti sensor yang sesuai untuk mata pelajaran Sensor dan Aktuator meliputi: (a) memuat materi pokok peranti sensor sesuai silabus, (b) terdiri dari halaman pendahuluan, kompetensi, materi, evaluasi, referensi, tentang dan petunjuk, dan (c) memuat media berupa teks, gambar, animasi dan video, (2) kelayakan media pembelajaran interaktif dari ahli media memeroleh rerata skor 3,75 dan termasuk dalam kategori sangat layak, sedangkan dari ahli materi memeroleh rerata skor 3,17 dan termasuk dalam kategori layak, (3) pencapaian kompetensi kognitif siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif mengalami peningkatan sebesar 2,97 dalam skala 10, sedangkan pencapaian kompetensi afektif siswa yang termasuk dalam kategori sangat baik 33,33%, kategori baik 60% dan kategori tidak baik 6,67%, dan (4) respon penilaian siswa terhadap media pembelajaran interaktif sebesar 40% sangat baik, 53,33% baik dan 6,67% kurang baik.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Peranti Sensor, Teknik Elektronika Industri
Abstract
This research aims to: (1) make a sensor devices interactive instructional media which is suitable for Sensor and Actuators subject, (2) know the feasibility of the interactive instructional media, (3) know the reach of students’ competency after using the interactive instructional media, and (4) know the valuing response of the students for the interactive instructional media. This research uses Reseach and Development approach, with ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). The data collection techniques use observation, interview, test and questionnaire. The feasibility test uses alpha testing, and the media evaluation uses beta testing. The data analysis uses descriptive data analysis. The results of this research are: (1) a suitable sensor devices interactive instructional media for Sensor and Actuators subject consists of: (a) learning materials of sensor devices which are suitable with the syllabus, (b) preface, competency, material, evaluation, referency, about and hint pages, and (c) text, picture animation and video medias, (2) the feasibility of the interactive instructional media by media expert gets 3,75 average score and being categorized as very feasible, meanwhile by material expert gets 3,17 average score and being categorized as feasible, (3) students’s competency of cognitive after using the media is increased by 2,97 in a scale of 10, meanwhile the reaches of affective aspect are: 33,33% of students include very good, 60% good and 6,67% not good, (4) the sudents’ responses for the interactive instructional media are: 40% of students say very good, 53,33% say good and 6,67 say less good.
Keywords: Interactive Instructional Media, Sensor Devices, Industrial Electronics
Full Text:
485-492Refbacks
- There are currently no refbacks.