PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ROBOT BIPEDAL NAVIGASI ARAH BERBASIS GRAPHICAL USER INTERFACE UNTUK MENDUKUNG MATA KULIAH ROBOTIKA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja dan tingkat kelayakan media pembelajaran robot bipedal navigasi arah untuk mendukung mata kuliah robotika. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan (Development research) dengan menggunakan model pengembangan Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate (ADDIE). Instrumen penelitian menggunakan angket dan instrumen tes dengan membandingkan nilai rata-rata dengan tahun sebelumnya. Pengolahan data penelitian menggunakan statistik deskriptif. Unjuk kerja dari robot bipedal navigasi arah dapat memposisikan diri ke arah tujuan dengan toleransi -10 dan 10 derajat. Tingkat kelayakan robot bipedal navigasi arah untuk mendukung mata kuliah robotika dinilai berdasarkan lima aspek yaitu : aspek kemanfaatan media dengan hasil rata-rata 26,625 dari 32 sehingga dinyatakan sangat layak, (2) aspek perangkat media dengan hasil rata-rata 29,875 dari 40 sehingga dinyatakan layak (3) aspek kemudahan dengan hasil rata-rata 12,5 dari 16 sehingga dinyatakan layak, (4) aspek relevansi materi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran dengan hasil rata-rata 37,875 dari 48 sehingga dinyatakan layak, (5) aspek teknis media pembelajaran dengan hasil rata-rata 18,125 dari 24 sehingga dinyatakan layak dan dapat meningkatkan nilai rata-rata dari tahun lalu dengan nilai rata-rata 70,94 menjadi sebesar 74,69.
Kata kunci: ADDIE, GUI, Robot bipedal
Abstract
This research aims to determine the performance and feasibility bipedal robot heading navigation media to support robotics courses. This study is a Research Development with model Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate (ADDIE). The research instrument used questionnaire and test instruments by comparing the average value of the previous year. Processing of research data using descriptive statistics. The performance of the bipedal robot heading navigation can position themselves toward the goal with a tolerance of -10 and 10 degrees. Feasibility level bipedal robot heading navigation to support subjects of robotics assessed based on five aspects: the aspect of expediency media with an average yield of 26.625 out of 32 that is otherwise very decent, (2) the aspect of a media device with an average yield of 29.875 out of 40 so declared eligible (3) aspects of ease with an average yield of 12.5 out of 16, so as feasible, (4) the relevance aspect of learning material to the learning objectives with an average yield of 37.875 of 48 to be eligible, (5) the technical aspects of the media with results 18.125 average of 24 so as feasible and can increase the value of the average of last year with an average of 70.94 to Rp 74.69.
Keywords: ADDIE, GUI, Bipedal robot
Full Text:
467-473Refbacks
- There are currently no refbacks.