PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA KOMPETENSI MENJELASKAN PEMASANGAN KOMPONEN DAN SIRKIT PLC UNTUK SMK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis android dan (2) mengetahui kelayakan dari media pembelajaran berbasis Android. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Klaten dengan subjek penelitian kelas XII. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh ahli materi dan media, serta pengujian pada pengguna akhir yaitu siswa. Teknik analisis data menggunakan instrumen angket serta teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : (1) hasil pengembangan media terdiri dari tujuh komponen utama, yaitu progress, tujuan, materi, evaluasi, tentang, dan panduan. (2) Hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan rerata skor 67 dari skor rerata maksimal sebesar 76 dengan kategori “sangat layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan rerata skor 65 dari skor rerata maksimal sebesar 76 dengan kategori ”sangat layak”. Serta rerata skor yang diperoleh dari penilaian pengguna akhir atau respon siswa sebesar 120.10 dari skor rerata maksimal sebesar 152 dengan kategori “layak” digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: media pembelajaran, android, PLC
Abstract
This research aims to: (1) development of android based on learning media (2) determine the feasibility of android bassed on instructional media. This is a research and development. The model used is ADDIE development. This research was conducted at SMK Negeri 2 Klaten with research subject XII. The testing stage of product feasibility conducted by materials and media experts, and test to the end user are students. The analize data using questionnaries and discriptive analysis techniques. The result is: (1) development of learning media consists of seven main components, are progress, objectives, materials, evaluation, concerning, and guidance. (2)feasibility of assessment by a subjectmetter expert gain an average score of 67 on the average score a maximum of 76 with the category “very feasible”. Rate eligibitility by media experts obtain an average score of 65 on the average score a maximum of 76 in category of”very feasible”. And the average score obtained from the assessment of the end user or student response amounted to 120.10 from the mean maximum score of 152 in the category of “eligible” is used as a medium of learning.
Keywords: learning media, android, PLC
Full Text:
459-466Refbacks
- There are currently no refbacks.