EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN SOFTWARE LIVEWIRE UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI RANGKAIAN DIGITAL DASAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran data kompetensi siswa yang diakibatkan oleh pembelajaran ceramah dan pembelajaran kooperatif berbantuan software Livewire, (2) perbedaan peningkatan kompetensi siswa pada aspek kognitif yang diakibatkan oleh pembelajaran ceramah dan pembelajaran kooperatif berbantuan software Livewire, (3) perbedaan peningkatan kompetensi siswa pada aspek afektif yang diakibatkan oleh pembelajaran ceramah dan pembelajaran kooperatif berbantuan software Livewire, (4) perbedaan peningkatan kompetensi siswa pada aspek psikomotorik yang diakibatkan oleh pembelajaran ceramah dan pembelajaran kooperatif berbantuan software Livewire. Jenis penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Subyek penelitian ini yaitu siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta sejumlah 57 orang dari kelas X TIPTL 1 sebagai kelas kontrol dan X TIPTL 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis non parametik berupa uji-u.Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) rerata dan nilai gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, (2) hasil uji-u aspek kognitif diperoleh nilai signifikansi 0,00<0,05 yang menandakan terdapat perbedaan peningkatan penggunaan pembelajaran kooperatif dibandingkan ceramah, (3) hasil uji-u aspek afektif diperoleh nilai signifikansi 0,00<0,05 yang menandakan terdapat perbedaan peningkatan penggunaan pembelajaran kooperatif dibandingkan ceramah, (4)hasil uji-u aspek psikomotorik diperoleh nilai signifikansi 0,02<0,05 yang menandakan terdapat perbedaan peningkatan penggunaan pembelajaran kooperatif dibandingkan ceramah.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif, softtware Livewire
Abstract
The objectives of this research is to know: (1) the view of student competence data from the result of speech and cooperative learning using livewire software, (2) the differences gain of student competence in cognitive aspect from the result of speech and cooperative learning using livewire software, (3) the differences gain of student competence in affective aspect from the result of speech and cooperative learning using livewire software, (4) the differences gain of student competence in psychomotor aspect from the result of speech and cooperative learning using livewire software.This research used quasi experiment method with non-equivalent control group design. Subjects of this study were 57 students of X class TIPTL 1 as control class and TIPTL 2 as experiment class. Data were collected using test and observation method. Data were analyzed using descriptive analysis and non-parametric analysis with u-test.The result showed that: (1) The average and gain score experiment class are higher than control class, (2) u-test result from cognitive aspect get significant value of 0,00<0,05, which indicates the difference in the increased use of cooperative learning than the speech, (3) u-test result from affective aspect get significant value of 0,00<0,05 which indicates the difference in the increased use of cooperative learning than the speech, (4) u-test result from psychomotor aspect get significant value of 0,02<0,05 which indicates the difference in the increased use of cooperative learning than the speech.
Keywords: cooperative learning, livewire software
Refbacks
- There are currently no refbacks.