PENGARUH PENGETAHUAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KARAKTER SISWA TERKAIT KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA SISWA

Gilang Tirta Ramadhan, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Gambaran Pengetahuan K3, Sarana Prasarana, dan Karakter Siswa K3 Kelas XI SMK N 1 Pundong (2) Pengaruh Pengetahuan K3 terhadap Karakter Siswa K3, (3) Pengaruh Sarana Prasarana terhadap Karakter Siswa K3, dan (4) Pengaruh Pengetahuan K3 dan Sarana Prasarana secara simultan terhadap karakter siswa terkait K3. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional  dengan metode expost facto. Sampel berjumlah 58 siswa, yang diperoleh melalui Teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data untuk variabel Pengetahuan K3, Sarana dan Prasarana, dan Karakter Siswa K3 menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Gambaran Pengetahuan K3 termasuk dalam kategori tinggi dan sedang (34,5%), Sarana Prasarana termasuk dalam kategori tinggi (39,7%), dan Karakter Siswa terkait K3 termasuk dalam kategori tinggi (36,2%), (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan Pengetahuan K3 terhadap Karakter Siswa K3 dengan koefisien determinasi sebesar 2,9%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan Sarana Prasarana terhadap Karakter Siswa K3 dengan koefisien determinasi sebesar 30,2%, dan (4) terdapat pengaruh yang signifikan Pengetahuan K3 dan Sarana Prasarana secara simultan terhadap Karakter Siswa K3 dengan koefisien determinasi sebesar 32,2%.

Kata kunci: Pengetahuan K3, Sarana Prasarana, Karakter Siswa K3

 

Abstract

This research aims to determine: (1) Overview of Knowledge K3, Infrastructure, and Character Students K3 Class XI SMK N 1 Pundong (2) Influence of Knowledge K3 to Character Students K3, (3) Influence of Infrastructure against Character Students K3, and ( 4) Influence Knowledge Infrastructure K3 and simultaneously to the character of students associated K3. This study is correlational research with ex post facto method. The Samples is 58 students, which is obtained through purposive sampling technique. The data collection technique for variables K3 Knowledge, Infrastructures, and Character Students K3 using a questionnaire. Data analysis in this research using descriptive analysis, regression analysis simple and multiple regression analysis. It can be concluded: (1) Overview of Knowledge K3 included in the category of high and moderate (34.5%), Infrastructure included in the high category (39.7%), and the characters associated K3 Students in the high category (36.2 %), (2) there is no significant influence on the character of Students Knowledge K3 K3 with determination coefficient of 2.9%, (3) there is a significant influence on the character of Infrastructure Students K3 with a coefficient of determination of 30.2%, and ( 4) a significant difference K3 Knowledge and Infrastructure simultaneously towards Character Students K3 with a coefficient of determination of 32.2%.

 

 

Keywords:  Knowledge K3, Infrastructure, characters associated K3 Students

Full Text:

PDF 303-311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.