EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 2 KLATEN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning dibandingkan model pembelajaran Teacher Centered pada hasil belajar siswa dalam ranah: (1) kognitif, (2) afektif, (3) psikomotor. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Experiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Grup Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL A dan X TITL B Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Klaten. Analisis data pada ranah kognitif mengacu pada teori Richard R. Hake yaitu gain scores (peningkatan nilai), untuk ranah afektif dan psikomotor menggunakan metode perbandingan rerata skor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning dibandingkan dengan model Teacher Centered Learning pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 2 Klaten lebih efektif untuk meningkatkan: (1) kognitif siswa dengan hasil rerata kelas eksperimen adalah 0,76 (tinggi) sedangkan kelas kontrol sebesar 0,35 (sedang) yang mengacu pada teori Richard R. Hake, (2) afektif siswa dengan perbandingan rerata skor afektif kelas eksperimen yang memperoleh nilai sebesar 82,10 sedangkan kelas kontrol sebesar 76,10, (3) psikomotor siswa dengan perbandingan rerata skor psikomotor kelas eksperimen sebesar 80,81 dan kelas kontrol sebesar 75,71.
Kata kunci: Project Based Learning, kognitif, afektif, psikomotor
Abstract
This research aims to know the effectiveness model of Project Based Learning compared with the Taecher Centered Learning to improve student learning outcomes in domain: (1) cognitive, (2) affective, (3) psychomotor. This research was a Quasi-Experiment with Non-Equivalent Control Group Design. The subjects were students of class X TITL A and X TITL B, program skills Of Electrical Power Installation Engineering at SMK Negeri 2. Hake theories that is gain scores (increase in value), for affective and psychomotor domains using the mean score comparison method.
The result showed that the application of the Project Based Learning model in class X program skills Of Electrical Power Installation Engineering at SMK Negeri 2 Klaten were more effective to increase: (1) cognitive outcomes of students with the average experimental group was 0,76 (high) while the control group was 0,35 (medium) based on Richard R. Hake theories, (2) affective students with a mean score of affective comparison experimental group who obtained a value of 82,10 while the control group was 76,10, (3) comparison of the mean psychomotor scores of students with 80,81 for the experimental group and the control group was 75,71.
Keywords: Project Based Learning, cognitive, affective, psychomotor
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning dibandingkan model pembelajaran Teacher Centered pada hasil belajar siswa dalam ranah: (1) kognitif, (2) afektif, (3) psikomotor. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Experiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Grup Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL A dan X TITL B Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Klaten. Analisis data pada ranah kognitif mengacu pada teori Richard R. Hake yaitu gain scores (peningkatan nilai), untuk ranah afektif dan psikomotor menggunakan metode perbandingan rerata skor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning dibandingkan dengan model Teacher Centered Learning pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 2 Klaten lebih efektif untuk meningkatkan: (1) kognitif siswa dengan hasil rerata kelas eksperimen adalah 0,76 (tinggi) sedangkan kelas kontrol sebesar 0,35 (sedang) yang mengacu pada teori Richard R. Hake, (2) afektif siswa dengan perbandingan rerata skor afektif kelas eksperimen yang memperoleh nilai sebesar 82,10 sedangkan kelas kontrol sebesar 76,10, (3) psikomotor siswa dengan perbandingan rerata skor psikomotor kelas eksperimen sebesar 80,81 dan kelas kontrol sebesar 75,71.
Kata kunci: Project Based Learning, kognitif, afektif, psikomotor
Abstract
This research aims to know the effectiveness model of Project Based Learning compared with the Taecher Centered Learning to improve student learning outcomes in domain: (1) cognitive, (2) affective, (3) psychomotor. This research was a Quasi-Experiment with Non-Equivalent Control Group Design. The subjects were students of class X TITL A and X TITL B, program skills Of Electrical Power Installation Engineering at SMK Negeri 2. Hake theories that is gain scores (increase in value), for affective and psychomotor domains using the mean score comparison method.
The result showed that the application of the Project Based Learning model in class X program skills Of Electrical Power Installation Engineering at SMK Negeri 2 Klaten were more effective to increase: (1) cognitive outcomes of students with the average experimental group was 0,76 (high) while the control group was 0,35 (medium) based on Richard R. Hake theories, (2) affective students with a mean score of affective comparison experimental group who obtained a value of 82,10 while the control group was 76,10, (3) comparison of the mean psychomotor scores of students with 80,81 for the experimental group and the control group was 75,71.
Keywords: Project Based Learning, cognitive, affective, psychomotor
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.