PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, KONSEP DIRI, DAN IKLIM SOSIAL KELAS TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 3 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap kemandirian, (2) pengaruh antara konsep diri terhadap kemandirian, (3) pengaruh antara iklim sosial kelas terhadap kemandirian, dan (4) pengaruh antara lingkungan keluarga, konsep diri, dan iklim sosial kelas secara simultan terhadap kemandirian. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Instalasi Tenaga Listrik SMK N 3 Yogyakarta dengan sampel berjumlah 80 siswa yang diperoleh melalui teknik sampling proposional.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) lingkungan keluarga sebagian besar siswa (60,00%) termasuk dalam kategori sedang, (2) konsep diri sebagian siswa (82.50%) termasuk dalam kategori sedang, (3) iklim sosial kelas sebagian besar siswa (63.75%) termasuk dalam kategori sedang, (4) kemandirian sebagian siswa (71.25%) termasuk dalam kategori sedang, (5) terdapat pengaruh yang positif pada lingkungan keluarga sebesar 27,4% terhadap kemandirian, (6) terdapat pengaruh yang positif pada konsep diri sebesar 65,00% terhadap kemandirian, (7) terdapat pengaruh yang positif pada iklim sosial kelas sebesar 34,1% terhadap kemandirian, dan (8) terdapat pengaruh yang positif pada lingkungan keluarga, konsep diri, dan iklim sosial kelas secara simultan sebesar 67,10% terhadap kemandirian.
Kata kunci: lingkungan keluarga, konsep diri, iklim sosial kelas dan kemandirian
Abstract
This study was aimed to know : ( 1 ) the influence of family environment to the independent , ( 2 ) the influence of the self-concept to the independence , ( 3 ) the influence of the social class climate to the independence , and ( 4 ) the influence of family environment , self-concept , and social climate class simultaneously to the independence .This study used ex-post facto method. The population of this study was all of the students Of Class XI Electric Power Installation Program SMK N 3 Yogyakarta with samples totaling 80 students obtained through a proportional sampling technique.
The results of this study can be concluded that : ( 1 ) the family environment of the students ( 60.00 % ) was included in the medium category , ( 2 ) self-concept students ( 82.50 % ) was included in the medium category , ( 3 ) the social climate class of the students ( 63.75 % ) was included in the medium category , ( 4 ) the independence of the students ( 71.25 % ) was included in the medium category , ( 5 ) there is a positive influence on family environment by 27.4 % to the independence , ( 6 ) there is a positive influence on self-concept by 65.00 % to the independence , ( 7 ) there is a positive influence on the social class climate by 34.1 % to the independence , and ( 8 ) there is a positive influence on family environment , self-concept , and social class climate simultaneously by 67.10 % to independence .
Keywords: family environment , self-concept , social class climate and independence
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap kemandirian, (2) pengaruh antara konsep diri terhadap kemandirian, (3) pengaruh antara iklim sosial kelas terhadap kemandirian, dan (4) pengaruh antara lingkungan keluarga, konsep diri, dan iklim sosial kelas secara simultan terhadap kemandirian. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Instalasi Tenaga Listrik SMK N 3 Yogyakarta dengan sampel berjumlah 80 siswa yang diperoleh melalui teknik sampling proposional.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) lingkungan keluarga sebagian besar siswa (60,00%) termasuk dalam kategori sedang, (2) konsep diri sebagian siswa (82.50%) termasuk dalam kategori sedang, (3) iklim sosial kelas sebagian besar siswa (63.75%) termasuk dalam kategori sedang, (4) kemandirian sebagian siswa (71.25%) termasuk dalam kategori sedang, (5) terdapat pengaruh yang positif pada lingkungan keluarga sebesar 27,4% terhadap kemandirian, (6) terdapat pengaruh yang positif pada konsep diri sebesar 65,00% terhadap kemandirian, (7) terdapat pengaruh yang positif pada iklim sosial kelas sebesar 34,1% terhadap kemandirian, dan (8) terdapat pengaruh yang positif pada lingkungan keluarga, konsep diri, dan iklim sosial kelas secara simultan sebesar 67,10% terhadap kemandirian.
Kata kunci: lingkungan keluarga, konsep diri, iklim sosial kelas dan kemandirian
Abstract
This study was aimed to know : ( 1 ) the influence of family environment to the independent , ( 2 ) the influence of the self-concept to the independence , ( 3 ) the influence of the social class climate to the independence , and ( 4 ) the influence of family environment , self-concept , and social climate class simultaneously to the independence .This study used ex-post facto method. The population of this study was all of the students Of Class XI Electric Power Installation Program SMK N 3 Yogyakarta with samples totaling 80 students obtained through a proportional sampling technique.
The results of this study can be concluded that : ( 1 ) the family environment of the students ( 60.00 % ) was included in the medium category , ( 2 ) self-concept students ( 82.50 % ) was included in the medium category , ( 3 ) the social climate class of the students ( 63.75 % ) was included in the medium category , ( 4 ) the independence of the students ( 71.25 % ) was included in the medium category , ( 5 ) there is a positive influence on family environment by 27.4 % to the independence , ( 6 ) there is a positive influence on self-concept by 65.00 % to the independence , ( 7 ) there is a positive influence on the social class climate by 34.1 % to the independence , and ( 8 ) there is a positive influence on family environment , self-concept , and social class climate simultaneously by 67.10 % to independence .
Keywords: family environment , self-concept , social class climate and independence
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.