EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT WORK UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK DIGITAL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas model pembelajaran project work untuk peningkatan hasil belajar ditinjau dari aspek kogitif (2) efektivitas model pembelajaran project work untuk mencapai hasil belajar ditinjau dari aspek afektif (3) efektivitas model pembelajaran project work untuk mencapai hasil belajar ditinjau dari aspek psikomotor. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) hasil uji-t gain score diperoleh thitung (2,734) lebih besar dari ttabel (1,996), sehingga model pembelajaran project work efektif untuk peningkatan hasil belajar ditinjau dari aspek kogitif. (2) hasil uji-t aspek afektif diperoleh thitung (2,978) lebih besar dari ttabel (1,996), sehingga model pembelajaran project work efektif untuk mencapai hasil belajar ditinjau dari aspek afektif. (3) hasil uji-t aspek psikomotor diperoleh thitung (2,333) lebih besar dari ttabel (1,996), sehingga model pembelajaran project work efektif untuk mencapai hasil belajar ditinjau dari aspek psikomotor.
Kata kunci: project work, hasil belajar, efektivitas pembelajaran
Abstract
This study aims to determine: (1) the effectiveness of the learning model project work for the improvement of learning outcomes in terms of aspects kogitif (2) the effectiveness of the learning model project work to achieve the learning outcomes in terms of the affective aspect (3) the effectiveness of the learning model project work to achieve learning outcomes in terms of psychomotor aspects. This study is a quasi-experimental research. The survey results revealed that: (1) The t-test results obtained t gain score (2.734) is greater than t table (1.996), so that effective learning model project work for the improvement of learning outcomes in terms of aspects kogitif. (2) The t-test results obtained t affective aspects (2.978) is greater than t table (1.996), so the project learning model work effectively to achieve the learning outcomes in terms of affective aspects. (3) The t-test results psychomotor aspects obtained t (2.333) is greater than t table (1.996), so the project learning model work effectively to achieve the learning outcomes in terms of psychomotor aspects.
Keywords: project work, learning outcomes, learning effectiveness
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.