PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PROGRAM STUDI KETENAGALISTIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada Program Studi Ketenagalistrikan di SMK, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif keselamatan dan kesehatan kerja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh ahli media ahli materi, dan siswa sebagai pengguna. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) pengembangan media pembelajaran interaktif K3 yang tepat pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik meliputi unsur materi pokok bahasan K3, soal evaluasi, tampilan media dan tata letak tampilan konsisten; (2) hasil penilaian ahli media memperoleh skor 4,19 dan ahli materi memperoleh skor 4,25 dengan skor maksimal 5; (3) respon penilaian siswa terhadap media pembelajaran interaktif pada uji kelompok besar memperoleh skor 4,05 dengan 33% siswa menyatakan “sangat baik” dan 63% menyatakan “baik” digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: media pembelajaran interaktif, keselamatan dan kesehatan kerja , SMK
Abstract
This research aims to: (1) develop occupational health and safety (OHS) interactive learning media on Electricity Program Research in Vocational High School, (2) feasibility of occupational health and safety interactive learning media development on electricity program research in VHS. This research is a RnD with ADDIE development model. Data is collected through observation, interview, and questionnaire. The product feasibility test is conducted by media experts, material experts and student as user. The results of this research are: (1) the development of OHS interactive learning media at the Electromechanical Basic Works subjects on Electricity program research covers the subject matter of OHS, evaluation exercises, appearance, and consistent layout; (2) the score of media experts assessment is 4,19 and material expert assessment is 4,25 with maximun score is 5; (3) the student responses to the interactive learning media in big group test obtain 4,05 with 33% of students said that the learning media is categorized as “very good” and 63% response said it is include in “good” category as a learning media.
Keywords: media interactive learning, occupational health and safety, vocational high school
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.