PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. perbedaan prestasi siswa antara kelas yang menggunakan mind mapping dengan kelas yang menggunakan metode ceramah; 2.pengaruh kebiasaan belajar siswa di rumah terhadap peningkatan prestasi siswa. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen berdesain Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek penelitian adalah kelas XII A dan B jurusan TITL SMK N 2 Klaten berjumlahkan 50 siswa. Data dikumpulkan dengan tes(pretest dan posttest) serta angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, independent sample t-test, dan analisis regresi. Hasil dari penelitian disimpulkan 1.terdapat perbedaan prestasi siswa antara kelas yang menggunakan mind mapping dengan kelas yang menggunakan metode ceramah dengan hasil thitung > ttabel (2,738 > 1,677224); 2.tidak ada pengaruh dari kebiasaan belajar terhadap prestasi siswa dengan hasil nilai F tidak signifikan (signifikansi > 0.05) karena faktor yang mempengaruhi kebiasaan belajar tidak terpenuhi. Kebiasaan belajar baru dapat berpengaruh jika faktor tersebut terpenuhi.
Kata kunci: mind mapping, kebiasaan belajar, prestasi siswa
Abstract
This research aims to know: 1.differences in student achievement between classes that use mind mapping with classes using lecture method; 2.influence of students' learning habits at home on student achievement. This research is a quasi-experimental with nonrandomized pretest-posttest control group design. The subject is 50 students of class XII A and B Electrical Power Installation Engineering Programme in SMK N 2 Klaten. The research data collected by pretest, posttest and questionnaires. Analysis of data is using descriptive, independent sample t-test and regression analysis. Results from this research is 1. difference in student achievement between classroom that use mind mapping with classes using lecture method, with the results of tcount> ttable (2.738> 1.677224); 2. no influence from learning habits on student achievement with the result F value is not significant (significance> 0.05) because factors that affect learning habits are not met. Learning habits can be influenced on student achievement if these factors are met.
Keywords: mind mapping, learning habits, student achievement
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.