PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET OF THINGS DENGAN MENGGUNAKAN WEMOS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, pengembangan, unjuk kerja, dan tingkat kelayakan media pembelajaran sistem mikrokontroler berbasis Internet of Things dengan menggunakan wemos. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development). Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan dan penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate) dari Robert Maribe Branch(2009). Hasil Penelitian ini adalah Tingkat kelayakan menurut ahli materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 79% dengan kategori “LAYAK” dan menurut ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 84% dengan kategori “LAYAK”. Tingkat kelayakan menurut pengguna dalam penilaian kelas kecil mendapatkan persentase kelayakan sebesar 74% dengan kategori “LAYAK”. Tingkat kelayakan menurut pengguna dalam penilaian kelas besar mendapatkan persentase kelayakan sebesar 82% dengan kategori “LAYAK” digunakan dalam pembelajaran Sistem Mikrokontroller pada Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK PL Leonardo Klaten.
Kata kunci: ADDIE, Sistem Mikrokontroler, Wemos, Internet of Things.
Abstract
This study aims to determine the characteristics, development, performance, and level of feasibility of learning media microcontroller system based on the Internet of Things using Wemos. This research is a research with the type of research and development. The development of this media uses the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) research and development model from Robert Maribe Branch (2009). The results of this study show that; the level of feasibility according to material experts obtained a percentage of feasibility of 79% with "FEASIBLE" category; according to media experts obtained a percentage of feasibility of 84% with "FEASIBLE" category; the level of feasibility according to users in evaluating small classes gets a percentage of feasibility of 74% with “FEASIBLE” category; the level of feasibility according to the user in the assessment of the large class gets a percentage of feasibility of 82% with "FEASIBLE" category used in the learning of Microcontroller System at Industrial Electronics Engineering Department at Leonardo Vocational High School Klaten.
Keywords: ADDIE, Microcontroller System, Internet Of Things, Wemos.
Full Text:
74-84Refbacks
- There are currently no refbacks.