MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR DAN TRANSDUSER BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO PADA MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR UNTUK KELAS XI PROGAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 1 NANGGULAN

Eko Heriyanto Saputro, Rustam Asnawi, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sensor dan transduser berbasis mikrokontroler Arduino Uno untuk kelas XI progam keahlian Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Nanggulan, mengetahui unjuk kerja media, dan mengetahui tingkat kelayakan media yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE dari Branch. Tahap ADDIE yaitu, Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate. Hasil penelitian diketahui bahwa: penilaian tingkat kelayakan media oleh ahli media dari dosen memperoleh tingkat kelayakan 85,4% (sangat layak), ahli media dari guru memperoleh tingkat kelayakan 89,6% (sangat layak), kelayakan materi oleh ahli materi dari dosen memperoleh tingkat kelayakan 91,3% (sangat layak), ahli materi oleh guru memperoleh tingkat kelayakan 87,5% (sangat layak). Sedangkan penilaian yang dilakukan oleh siswa memperoleh tingkat kelayakan 83,9%. (layak). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran sensor dan transduser berbasis mikrokontroler Arduino Uno layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Negeri 1 Nanggulan.

Kata kunci: : Media pembelajaran, sensor dan transduser, Arduino Uno

 

 

 

 

Abstract

This research is aimed to develop Arduino Uno microcontroller sensor and transducer learning media for XI class of Industrial Electronics program at SMK N 1 Nanggulan, to find out media performance, and to find out the feasibility level of developed media. The method used research and development using the model of ADDIE from Branch. The ADDIE stage is, Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate. The results of the research note that: the media feasibility rating by lecturers as media experts obtained 85.4% of feasibility level (categorited on feasible), by teachers as media experts obtained 89.6% (categorited on highly feasible) level of feasibility, material feasibility by lecturers as material experts obtained feasibility 91, 3% (categorited on very feasible), by teachers as material experts obtained 87.5% of feasibility level (categorited on very feasible). While the assessment conducted by the students obtained a feasibility level of 83.9%. (categorited on feasible). Based on these data can be concluded that learning media sensors and transducer-based microcontroller Arduino Uno worthy of use as a medium of learning in SMK N 1 Nanggulan.

 

Keywords: learning media, sensors and transducers, Arduino Uno


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.