PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH SISTEMATIS (SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MAPEL DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) keaktifan belajar siswa setelah diterapkannya metode pemecahan masalah sistematis (systematic approach to problem solving) pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE), dan (2) hasil belajar siswa ranah kognitif setelah diterapkannya metode pemecahan masalah sistematis (systematic approach to problem solving) pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pemecahan masalah sistematis dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE). Hasil observasi keaktifan belajar pada siklus I memperoleh persentase sebesar 77,79% dan siklus II sebesar 80,19 % mengalami peningkatan sebesar 2,40%. Sedangkan hasil tes belajar menggunakan instrumen tes yang dilaksanakan pada siklus I memperoleh persentase keberhasilan belajar sebesar 80,77%, dan siklus II sebesar 84,00% mengalami peningkatan sebesar 3,23%. Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 75,96 dan siklus II sebesar 77,60 mengalami peningkatan sebesar 1,64. Sehingga metode pembelajaran pemecahan masalah sistematis dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar belajar siswa.
Kata kunci: Keaktifan belajar, hasil belajar, metode pemecahan masalah sistematis
Abstract
This research aims to find out the increase of: (1) students learning activeness after the implementation of systematic problem solving method (systematic approach to problem solving) on the subjects of Basic Electrical and Electronics (BEE), and (2) student learning results of cognitive domains after the implementation of systematic problem solving method (systematic approach to problem solving) on the subjects of Basic Electrical and Electronics (BEE), and. This research is a classroom action research are conducted in two cycles. The results showed that the application of a systematic problem-solving methods can increase the student activity and learning outcome on the subject of Basic Electrical and Electronics (BEE). The observation of learning activeness in the first cycle obtain a percentage of 77.79% and the second cycle of 80.19% an increased of 2.40%. While the result of the test using the test instrument implemented in the first cycle to obtain the percentage of learning outcome amounted to 80.77%, and the second cycle of 84.00% increased of 3.23%. The average point of the class in the first cycle of 75.96 and the second cycle of 77.60 increased by 1.64. So the method systematic approach to problem solving can be used as alternative learning strategy to improve student activity and learning outcome.
Keywords: activity of learning, learning outcome, systematic approach to problem solving
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.