PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MATA PELAJARAN MERAWAT PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK DI SMK HAMONG PUTERA 2
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Android untuk mata pelajaran MPRTL di SMK Hamong Putera 2, (2) Mengetahui uji fungsionalitas media pembelajaran berbasis aplikasi Android untuk mata pelajaran merawat peralatan rumah tangga listrik di SMK Hamong Putera 2 Pakem, (3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi Android untuk mata pelajaran MPRTL di SMK Hamong Putera 2 menurut ahli media, ahli materi dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media. Instrumen yang digunakan angket dengan empat pilihan jawaban untuk ahli dan untuk siswa. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Android yang meliputi unsur-unsur berupa kompetensi dasar dan indikator, Materi pokok bahasan terkait merawat peralatan rumah tangga listrik, kuis, referensi, profil pembimbing dan pengembang, dan petunjuk penggunaan (2) Hasil unjuk kerja berupa uji fungsionalitas media pembelajaran berbasis aplikasi Android menunjukan bahwa semua fungsi pada aplikasi Android dapat berfungsi dengan baik, (3) Kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi Android berdasarkan penilaian ahli media ditinjau dari 4 aspek diperoleh rerata skor total 66 dengan kategori “Sangat Layak”, kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi Android berdasarkan penilaian ahli materi ditinjau dari 3 aspek diperoleh rerata skor total 66,5 dengan kategori “Sangat Layak”, Respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis aplikasi Android berdasarkan 5 aspek yaitu 75% siswa menyatakan “Sangat Layak” dan 25% siswa menyatakan “Layak” sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Aplikasi Android, MPRTL
Abstract
This research has the aims to : (1) measure the effectiveness of Project Based Learning model in learning Practice of Microcontroller on cognitive aspects compared to the Teacher Centered Learning in the same aspect, (2) measure the effectiveness of Project Based Learning model in learning Practice of Microcontroller on affective aspects compared to the Teacher Centered Learning in the same aspect, (3) measure the effectiveness of Project Based Learning model in learning Practice of Microcontroller on psychomotor aspects compared to the Teacher Centered Learning in the same aspect. This type of research is quasi experiment. The hypothesis test used Polled Varians test. The results of this research show : (1) Project Based Learning model in learning Practice of Microcontroller on cognitive aspects compared to the Teacher Centered Learning in the same aspect with the mean gain scores of 0,79 to 0,33, (2) Project Based Learning model in learning Practice of Microcontroller on affective aspects compared to the Teacher Centered Learning in the same aspect with the mean scores of 79,90 to 73,02, (3) Project Based Learning model in learning Practice of Microcontroller on psychomotor aspects compared to the Teacher Centered Learning in the same aspect with the mean scores of 85,56 to 66,88.
Keywords: Project Based Learning, Teacher Centered Learning, Effectiveness.
Full Text:
PDFReferences
Anonim. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Al, B. G. (2016). 6 Penyebab Rendahnya Mutu Pendidikan di Indonesia. Diakses pada http://alibrahgresik.or.id/home/6-penyebab-rendahnya-mutu-pendidikan-di-indonesia/ tanggal 16 Juni 2017, Jam 20.00 WIB.
Anang, Y. (2014). Pengaruh Sarana dan Prasarana Belajar Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SD Muhammadiyah 1 Program Khusus Wonogiri. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Anonim. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Anonim. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Benny, A.P. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Imam, M.MS, Sukir, Ariadie, C.N. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Dasar Listrik. JPTK, Vol 16,No. 1.
Kumar, M., Dwivedi, R.K, Singh, K.S. (2015). A Comparative Study of Black Box Testing ang White Box Testing Techniques. Internatonal Journal of Advance Research in Computer Science and Management Studies, Vol 3,No. 33.
Nana, S. (2009). Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rayandra, A. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Sari, S.S. (2017). Pentingnya Sarana dan Prasarana di Sekolah. Diakses pada http://scdc.binus.ac.id/himpgsd/2017/03/saranadanprasaranapendidikan/ tanggal 16 Juni 2017, Jam 20.30 WIB.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,cv.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,cv.
Refbacks
- There are currently no refbacks.