PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Amanu Najib, Nurhening Yuniarti, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk: (1) merancang dan mengembangkan media pembelajaran board game berbasis augmented reality pada hukum-hukum kelistrikan dan elektronika; (2) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran board game berbasis augmented reality pada hukum-hukum kelistrikan dan elektronika; (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran board game berbasis augmented reality pada hukum-hukum kelistrikan dan elektronika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan produk mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) oleh Lee & Owens. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran board game berbasis augmented reality pada hukum-hukum kelistrikan dan elektronika terdiri dari board game dan aplikasi augmented reality; (2) hasil unjuk kerja dari media pembelajaran ini berjalan di berbagai smartphone Android dan sudah dapat menampilkan hasil proses augmented reality; (3) hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapat rerata skor 72 dari skor maksimal 92 dan berada dalam kategori layak; hasil penilaian kelayakan oleh ahli media mendapat rerata skor 78,5 dari skor maksimal 96 dan berada dalam kategori sangat layak; dan  hasil respon siswa sebagai pengguna memperoleh rerata skor 103,42 dari skor maksimal 112 dan berada dalam kategori sangat baik

Kata kunci: Media Pembelajaran, Board Game Augmented Reality, Hukum Kelistrikan, SMK

 

Abstract

The purpose of this study is : (1) to design and develop augmented reality board game using electrical and electronics laws; (2) the performance of augmented reality board game using electrical and electronics laws; (3) the feasibility of augmented reality board game using electrical and electronics laws.This study is a research and development using ADDIE (Analysis, Design, Development and implementation and Evaluation) by Lee & Owens. The result of this study were: (1) development of  augmented reality board game consist of application of  augmented reality  and board game; (2) the performance of this product successfully worked in a number of smartphones and showed the process of augmented reality; (3) the material experts’ assessment expressed as a feasible category with a mean score of 72 from the maximum score of 92;  the media experts’ assessment expressed as a very feasible category with a mean score of 78.5 from the maximum score of 96; and the students’ assessment expressed as a very good category with a mean score of 103.42 from the maximum score of 112.

 

Keywords:  learning media, augmented reality board game, electrical laws, vocational school.


Full Text:

PDF

References


Alief G., M. (2016). Jangan Cuma Jadi 'Zombie' Ponsel, Ayo Main Board Game!. Diakses dari https://inet.detik.com/games-news/d-2986375/jangan-cuma-jadi-zombie-ponsel-ayo-main-board-game. Pada tanggal 16 Maret 2017, jam 20.15 WIB.

Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Gustav W., Nelson. (2015). 5 Alasan Board Game Tidak Akan Ditinggalkan. Diakses dari http://boardgame.id/5-alasan-board-game-tidak-akan-ditinggalkan/. Pada tanggal 16 Maret 2017, jam 21.15 WIB.

Lee, W., W., & Oesn, L., D. (2004). Multimedia-Base instructional Design. San Francisco: Pfeiffer.

Mailanto, Arsan. (2016). 96 Persen Pengguna Smartphone Tertinggi ada di Indonesia. Diakses dari https://techno.okezone.com/read/2016/03/16/207/1337776/96-persen-pengguna-smartphone-tertinggi-ada-di-indonesia. Pada tanggal 16 Maret 2017, jam 20.30 WIB.

Sadiman, Arief S. et al. (2003). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arief S. et al. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.