PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI “ACCOUNTAINMENT” PADA KOMPETENSI DASAR MENYIAPKAN JURNAL UMUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI

Hamas Nur Kholid, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Amanita Novi Yushita, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan Media Pembelajaran Akuntansi “AccounTainment” bagi siswa kelas X Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta pada kompetensi dasar Menyiapkan Jurnal Umum; mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Akuntansi “AccounTainment” berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru Akuntansi, serta mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap membuat Media yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tingkat kelayakan Media berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,8 termasuk dalam kategori Sangat Baik, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 2,84 termasuk dalam kategori Baik, dan 3) Guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 3,35 termasuk dalam kategori Sangat Baik. Berdasarkan analisis Motivasi Belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan Media Pembelajaran Akuntansi “AccounTainment”, diperoleh peningkatan sebesar 20,15% dari 67,30% menjadi 87,45%. Sehingga kesimpulannya adalah pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi “AccounTainment” dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran Akuntansi, “AccounTainment”, Motivasi Belajar, ADDIE.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.